Ketua DPC Hanura Payakumbuh Dipolisikan


Senin, 10 Juli 2017 - 11:12:47 WIB
Ketua DPC Hanura Payakumbuh Dipolisikan

PADANG, HALUAN – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kota Payakumbuh Basril Latif harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pasalnya, dirinya dilaporkan sejumlah kader Hanura  ke Polres Payakumbuh, dengan tudingan melakukan penggelapan uang partai.

Dalam laporannya, para kader menuding Basril Latif melakukan kegiatan fiktif yang anggarannya berasal dari APBD Kota Payakumbuh tahun 2016. “Ada beberapa item pengaduan kita ke Polres Payakumbuh. Tapi, secara garis besarnya, ada dugaan pemakaian dana partai yang berasal dari APBD Payakumbuh,” terang Isa Aidil. Ketua PAC Partai Hanura Kecamatan Payakumbuh Selatan beberapa waktu lalu.

Mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh mengadukan Ketua DPC Hanura Kota Payakumbuh tersebut dilakukan bersama dua rekannya yang lain, yakni Desyanto Eci yang merupakan Ketua PAC Lamposi Tigo Nagori dan Firman. “Rinciannya, ada laporan penggunaan anggaran untuk Musyawarah Cabang (Muscab), padahal Muscab tidak pernah dilakukan. Kemudian, adanya anggaran SPj untuk pendidikan politik bagi kader dan masyarakat, padahal partai tidak pernah melakukan kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, ada kuitansi yang dikeluarkan toko alat tulis berstempel dan lengkap dengan tanda tangan dalam Laporan Dana Keuangan (LDK) DPC Hanura Payakumbuh. Padahal toko yang bersangkutan tidak pernah memberi atau mengeluarkan kuitansi untuk DPC Hanura Payakumbuh. “Kami juga menemukan adanya dana yang dikeluarkan DPC Hanura untuk keperluan makanan sebagai konsumsi kegiatan partai. Padahal partai tidak pernah memesan katering dalam rapat-rapat,” tambah Aidil.

Diperkirakan Aidil, total kegiatan fiktif ini senilai Rp 18 juta. “Ini yang didukan ke penegak hukum. Sejumkah kegiatan fiktif. Kegiatannya tidak ada, tapi dana yang dikeluarkan ada.,”tegas Isa Aidil lagi.

Diakui Aidil, dirinya bersama dua rekan lainnya sudah dimintai keterangannya oleh Unit Tipikor Polres Payakumbuh. “Saya sudah dimintai keterangan oleh petugas Unit Tipikor Polres Payakumbuh. Sejumlah keterangan termasuk bukti juga sudah diserahkan seiiring pelaporan,” katanya.

Kepala Unit Tipikor Polres Payakumbuh Ipda Lubis membenarkan adanya pengadukan kader Hanura terkait kegiatan fiktif tersebut. Hingga saat ini, Unit Tipikor tengah mengumpulkan data dan keterangan saksi terkait laporan tersebut. “Memang ada laporan. Beberapa orang juga telah dimintai keterangan. Sejauh ini, petugas masih mengumbulkan bukti dan data,” katanya.

Sementara Ketua DPC Hanura Kota Payakumbuh, Basril Latif yang menjadi terlapor belum bisa memberikan keterangan resmi terkait pengaduan ketiga kadernya itu. Ketika dikonfirmasi pada Minggu (9/7) sore, anggota DPRD Kota Payakumbuh itu mengakui sedang di mesjid untuk beribadah. “Saya sedang di mesjid, belum bisa memberikan keterangan,” ungkapnya. (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 11:16:18 WIB

    Langgar Aturan Lockdown, Ketua Jamaah Tabligh India Didakwa Membunuh

    Langgar Aturan Lockdown, Ketua Jamaah Tabligh India Didakwa Membunuh INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- India mendakwa pemimpin Jamaah Tabligh, Muhammad Saad Khandalvi, dengan tuduhan pembunuhan lantaran menggelar pertemuan saat kebijakan pembatasan pergerakan atau lockdown akibat virus corona.
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 11:26:04 WIB

    Ketua KPK Malaysia Mundur

    Ketua KPK Malaysia Mundur JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia (SPRM), lembaga mirip KPK di Malaysia, Latheefa Koya mengundurkan diri setelah Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) kembali masuk ke dalam koalisi .
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 13:58:06 WIB

    Duh...Facebook Dikritik Pedas Ketua DPR AS

    Duh...Facebook Dikritik Pedas Ketua DPR AS WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM - Facebook kembali jadi sasaran kritik pedas dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi. Media sosial itu disebutnya memalukan dan terlalu mengutamakan profit..
  • Sabtu, 13 April 2019 - 08:09:47 WIB

    Ketua dan Wakil Ketua DPR RI Desak Pengusutam Tuntas Kasus Surat Suara Tercoblos

    Ketua dan Wakil Ketua DPR RI  Desak Pengusutam Tuntas Kasus Surat Suara Tercoblos JAKARTA,HARIANHALUAN.COM – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak pihak terkait untuk mengusut tuntas dan transparan kasus surat suara Pilpres dan Pileg 2019 tercoblos yang ditemukan Selangor, Malaysia. .
  • Sabtu, 22 Desember 2018 - 14:39:59 WIB
    TERKAIT PENANGKAPAN DI PADANG PARIAMAN

    Ketua Relawan IDA: Tujuh WNA Kantongi Dokumen Lengkap

    Ketua Relawan IDA: Tujuh WNA Kantongi Dokumen Lengkap Ketua Relawan Indonesian Indonesia Development Asociation (IDA), Iman Nurhakim membantah kalau tujuh orang Warga Negara Asinh (WNA) yang dibawanya tidak memiliki paspor serta dokumen keimigrasian yang tidak jelas. Ketujuhnya,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]