Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak


Senin, 10 Juli 2017 - 12:15:47 WIB
Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak kompasiana

TANAH DATAR, HALUAN - Dalam upaya peningkatan kunjungan wisata, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan melakukan penataan kawasan pariwisata Selingkar Danau Singkarak. Kawasan selingkar Danau Singkarak sangat layak dikembangkan karena mempunyai banyak potensi wisata untuk menunjang perekonomian daerah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat  sekitar kawasan tersebut.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat menutup Festival Danau Singkarak di Tanjung Mutiara, Batipuh Selatan, Sabtu (8/7) mengatakan
di kawasan itu terdapat lima nagari yang memiliki potensi objek wisata yang mempesona dan kaya dengan makanan khasnya seperti ikan bilih, pangek sumpu, singgang, rendang serta buah sawo.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah mengelenggarakan kegiatan ini dalam mendukung destinasi pariwisata di Tanah Datar, semua potensi nagari ini akan dipromosikan sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar khususnya ke nagari selingkar danau. Dengan kegiatan festival ini selain untuk mempererat silaturahim juga melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya," ujar bupati.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Edisusanto juga menjabarkan, dalam pengembangannya potensi wisata dikelompokan dalam lima zona yakni zona I pengembangan pariwisata meliputi Kecamatan Limo Kaum, Sungai Tarab, Tanjung Emas dan Padang Ganting. Zona II Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Sungayang, Tabek Patah dan Tanjung Baru.

Kemudian Zona III di Kecamatan Rambatan dan Batipuh Selatan, zona IV di Kecamatan X Koto dan Batipuh, serta zona V merupakan zona khusus Nagari Tuo Pariangan yang telah dinobatkan menjadi desa terindah dunia, ujarnya.

Dalam kegiatan Festival Danau Singkarak yang berlangsung dari tanggal 2 hingnga 8 Juli ini, diisi dengan berbagai kegiatan lomba diantaranya lomba seni dan budaya anak nagari, pacu biduak, dekorasi dan modifikasi biduak, manjalo diate biduak, lomba fotografi, kuliner, mancing mania, makan bajamba dan penampilan silat dalam air. (h/fma)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 18:29:17 WIB

    Pemkab Sosel Dorong Karang Taruna  Miliki Usaha Kreatif

    Pemkab Sosel Dorong Karang Taruna  Miliki Usaha Kreatif SOLSEL,HARIANHALUAN.COM-Organisasi Karang Taruna semestinya mempunyai usaha-usaha kreatif yang nantinya bisa menopang lajunya organisasi tersebut. Usaha kreatif tersebut sekaligus diharapkan dapat menjadi contoh bagi organisa.
  • Selasa, 10 Desember 2019 - 21:43:01 WIB

    Pemkab Solok Selatan Kembali Raih Penghargaan Bidang HAM 2019

    Pemkab Solok Selatan Kembali  Raih Penghargaan Bidang HAM 2019 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Untuk kedua kalinya, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kembali menorehkan penghargaan di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia.   Tahun 2018 Pemkab Solsel juga menerima penghargaan sebagai kabupa.
  • Selasa, 26 November 2019 - 21:55:39 WIB

    Pemkab Sijunjung Perkuat Layanan UPZ di Sekolah

    Pemkab Sijunjung Perkuat Layanan UPZ di Sekolah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Sijunjung terus memperkuat layanan  Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di jajaran Dinas Pendidikan, khususnya UPZ sekolah dasar (SD),  SLTP dan koordinator wi.
  • Rabu, 13 November 2019 - 15:43:46 WIB

    Akhir Tahun Mendekat...! OPD Pemkab Pasaman Harus Lebih Gesit

    Akhir Tahun Mendekat...! OPD  Pemkab Pasaman  Harus Lebih Gesit PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pasaman, kembali diingatkan soal percepatan realisasi kegiatan fisik dan keuangan, termasuk penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) yang masih jauh dar.
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 12:12:11 WIB
    Bansos Lansia Dibagi Merata di Semua Kecamatan

    Pemkab Dharmasraya Gelontorkan Rp3 Miliar untuk Lansia

    Pemkab Dharmasraya Gelontorkan Rp3 Miliar untuk Lansia DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah Lansia di Kabupaten Dharmasraya ditaksir sebanyak 18 ribu orang. Dari jumlah tersebut diperkirakan 7000 orang tergolong kurang mampu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM