Setelah Makan Soto Ayam, Puluhan Siswa SMAN 1 Sumbar Terbaring Lemas


Selasa, 11 Juli 2017 - 17:16:54 WIB
Setelah Makan Soto Ayam, Puluhan Siswa SMAN 1 Sumbar Terbaring Lemas Diduga Keracunan Makanan, Siswa SMA N 1 Sumbar terbaring lemah di IGD RSUD Kota Padang Panjang. Apiz Jackson

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Diduga keracunan setelah mengkonsumsi sarapan pagi di sekolah, puluhan Siswa SMA N 1 Sumbar terbaring lemas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kota Padang Panjang dan di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMA N 1 Sumbar yang berada di kelurahan Ganting Padang Panjang timur, Selasa (11/7).

Dari pantauan Haluan di IGD RSUD Kota Padang Panjang, terlihat belasan siswa tengah menjalani pewaratan medis di IGD tersebut, akibat sakit pada bagian pencernaan yang dikeluhkannnya.

Ramita Rosi, salah seorang siswa SMA N 1 Sumbar asal Talu Pasaman Barat, saat dijumpai Haluan diruang IGD RSUD mengatakan, dirinya merasakan mual dan sempat muntah-muntah saat Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah. 

“Seperti biasa, tadi pagi saya dan kawan-kawan lainnya sarapan di sekolah sekitar pukul 06.00 WIB, untuk menu sarapan tadi pagi kami mengkonsumsi soto ayam. Namun, pada saat belajar, saya merasakan mual dan muntah di sekolah, dan saya meminta bantuan ke UKS, lalu pihak UKS membawa saya ke IGD,” sebut Ramita Rosi kepada Haluan.

Senada dengan Ramita Rosi, salah seorang siswa lainnya, Veni juga membenarkan jika tadi pagi ia mengkonsumsi sarapan pagi soto ayam, dan beberapa jam setelah itu ia merasakan laper kembali, dan disusul mual serta muntah pada saat jam pelajaran.

“Beberapa jam setelah makan, saya lapar lagi, lalu perut saya mual-mual dan akirnya saya muntah, lalu saya mengunjungi UKS untuk meminta pertolongan, namun saat itu, beberapa siswa juga telah memenuhi UKS dengan keluhan penyakit yang sama seperti saya rasakan. Dan pada jam 11 saya di bawa ke RSUD,” tutur Veni.

Disaat yang sama dr. Iqbal yang menangani siswa yang diduga keracunan tersebut mengatakan, dari hasil pemeriksaannya, seluruh siswa yang terbaring di IGD tersebut merasakan gejala yang sama yakni, mual-mual atau nyeri perut, muntah dan mencret. “Mereka (siswa-red) mengaku sama-sama mengkonsumsi soto, dan semua siswa tersebut juga merasakan gejala yang sama,” terang dr. Iqbal di ruang IGD RSUD.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]