Dianggarkan Rp13 Miliar, Jalan Nipah – Teluk Bayur Dikebut


Selasa, 11 Juli 2017 - 20:41:15 WIB
Dianggarkan Rp13 Miliar, Jalan Nipah – Teluk Bayur Dikebut JALUR GUNUNG PADANG--Pengendara motor melewati tanjakan di Jalan . RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumbar terus mengebut pengerjaan jalan tembus Nipah – Teluk Bayar. Dengan anggaran Rp13 miliar lebih yang dialokasikan pengerjaan jalan alternatif itu ditarget siap tahun ini.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PUPR Sumbar, Dedi Rinaldi, dihubungi Haluan Selasa (11/7), di Padang mengatakan, pengerjaan jalan Nipah – Teluk Bayur telah mulai dikerjakan. Bahkan pengerjaanya telah dilakukan semenjak bulan lalu. “Dan kita menginginkan memang ini bisa selesai secepatnya,” kata Dedi.

Sumber anggarannya sendiri lanjut Dedi, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan besaran Rp13 miliar dengan panjang pengerjaan lebih kurang 7 Kilometer. “Dananya semuanya DAK,” paparnya.

Seperti diketahui, pengerjaan jalan Nipah – Teluk Bayur sepanjang 7 kilometer yang dimulai semenjak 1990 silam diren­canakan sebagai kawasan wisata yang juga sebagai jalur alternatif untuk pe­mecah macet di kawasan Teluk Bayur.

Jalan ini memiliki arti pen­ting dan menjadi pro­yek strategis Pemprov Sum­bar. Kebe­radaan­nya dapat menjadi jalan pem­buka pengembangan wilayah Ko­ta Padang.

Tak hanya itu, ruas jalan ini juga menjadi salah satu jalur pariwisata di samping penunjang kegiatan eko­nomi masyarakat. Karena itu belum dapat ditentukan apakah jalan ini masuk kategori jalan provinsi atau jalan kota.

Pembangunan jalan Ni­pah - Teluk Bayur ini diha­rap juga menjadi pendu­kung bagi rencana Pemko Padang untuk menjadikan Gunung Padang menjadi kawasan wisata terpadu yang dilengkapi dengan fa­silitas penginapan, lapangan golf, pemu­garan kota tua dan pemugaran kawa­san Muaro Pantai Padang men­jadi pelabu­han.

Dalam perjalanannya pro­yek ini sempat tersendat de­ngan persoalan lahan berupa tanah makam yang terkena imbas proyek ini, sehingga membutuhkan wak­­tu untuk mengganti rugi setiap makam yang terkena proyek ini.  

Haluan mencatat seti­daknya ada ratusan makam dari warga Tionghoa dan 1.000 warga muslim yang harus dipindahkan demi ke­lan­caran proyek ini. (h/mg-isr)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 Januari 2019 - 10:35:13 WIB

    Pengelolaan Hutan Malvinas Belum Dianggarkan

    Pengelolaan Hutan Malvinas Belum Dianggarkan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hutan Delta Malvinas yang terletak di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, direncakan akan dijadikan empat fungsi, yakni edukasi, pariwisata, olahraga dan promosi. Namun, pada tahun ini DLH .
  • Senin, 02 Juli 2018 - 14:28:00 WIB

    Rp49 Miliar Dianggarkan, ASN Pemko Terima Gaji ke-13 Pekan Ini

    Rp49 Miliar Dianggarkan, ASN Pemko Terima Gaji ke-13 Pekan Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang segera membayarkan hak gaji ke-13 untuk 9.000 lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) pekan ini. Setidaknya anggaran Rp49 miliar siap dikucurkan, dan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk memenu.
  • Sabtu, 16 Desember 2017 - 00:24:43 WIB
    MENINGKAT DUA KALI LIPAT

    2018, Drainase Dianggarkan Rp42,049 Miliar

    2018, Drainase Dianggarkan Rp42,049 Miliar PADANG,HALUAN—Anggaran untuk pembenahan drainase 2018 di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang meningkat hampir dua kali lipat..
  • Senin, 29 Mei 2017 - 12:20:04 WIB

    Rp120 M Dianggarkan Untuk Atasi Banjir di Padang

    Rp120 M Dianggarkan Untuk Atasi Banjir di Padang PADANG,HALUAN—Saat ini kondisi Kota Padang apabila dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi selama lebih kurang tiga jam saja akan menyebabkan genangan mulai dari 15 cm hingga satu meteran. Hal ini dapat dilihat d.
  • Jumat, 07 April 2017 - 12:09:46 WIB

    Dana Dianggarkan Rp2 Miliar, Usai Lebaran Pasar Belimbing Direnovasi

    Dana Dianggarkan Rp2 Miliar, Usai Lebaran Pasar Belimbing Direnovasi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Setelah Lebaran tahun ini, Pasar Belimbing Kota Padang akan direnovasi. Nantinya di sana akan dibangun sekitar 80 meja batu sebagai sarana berjualan. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]