Pola Pemeriksaan BPK Dikeluhkan Gubernur


Rabu, 12 Juli 2017 - 11:08:07 WIB
Pola Pemeriksaan BPK Dikeluhkan Gubernur Foto: BPK Sumbar

PADANG, HARIANHALUAN.COM— Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengeluhkan beberapa hal pada temuan BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sumbar 2016. Salah satu yang dikeluhkan Irwan adalah pola pemeriksaan sampling.

“Pola pendekatan BPK adalah sampling, walau untuk dinas tertentu tidak sampling, misalnya, dinas pendidikan, kesehatan, PU. Tapi, pada dinas pertanian, perkebunan, Sat Pol PP, kadang disampling, kadang tidak disampling. Ternyata, dinas yang tidak disampling, di dalamnya disampling juga, misalnya, dinas PU, ada ratusan paket proyek, disampling juga karena tidak mungkin semuanya diperiksa,” ujar Irwan setelah memberikan kata sambutan pada acara diskusi grup terpumpun (FGD) dengan tema “Opini Pengelolaan Keuangan Negara yang Objektif dan Berkualitas” di Gubernuran Sumbar, Selasa (11/7).

Menurut Irwan, kelemahan pola pendekatan sampling adalah bahwa, bisa jadi, penyimpangan dan pengungkapan keuangan terjadi pada tempat yang tidak disampling. Ia mencontohkan kasus SPJ Fiktif di Dinas PU Sumbar. Pada 2013, BPK memeriksa PU secara tidak sampling. Namun, tetapi pada bagian JSN (tersangka kasus SPJ fiktif pada 2016), BPK memeriksanya secara sampling, sedangkan teman-teman JSN tidak disampling. Irwan mengaku tidak mengetahui bahwa JSN disampling, apalagi tidak ada laporan dari pihak lain, seperti masyarakat dan wartawan. “Kalau tahu dari 2014, 2015, langsung diselesaikan, tetapi baru tahu tahun kemarin. Itu kelamahan disampling. Kalau bisa semuanya diperiksa, tidak sampling,” tuturnya.

Kelemahan kedua dari pola pemeriksaan sampling, kata Irwan, yang disampling bukan temuan, contohnya menaikan harga (mark up) tiket. Pihaknya sudah memberikan sanksi kepada pelaku kasus tersebut. Namun, tahun depan setelah kasus itu, ada lagi kasus itu pada sampling yang lain. “Padahal, sebelumnya sudah ada kasus itu, tahun depannya ada lagi. Yang disampling, dia tidak lakukan mark up lagi, sedangkan yang belum ketahuan, dia coba-coba, ketika disampling ketahuan,” ucapnya.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 12:13:53 WIB

    Antisipasi Corona, Nasrul Abit: Kuncinya Jaga Pola Hidup Sehat..!

    Antisipasi Corona, Nasrul Abit: Kuncinya Jaga Pola Hidup Sehat..! PADANG, HARIANHALUAN.COM- Pola hidup sehat terus dicontohkan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Apalagi di tengah kecemasan sebagian masyarakat akan virus Corona saat ini..
  • Kamis, 03 Oktober 2019 - 16:38:36 WIB

    Cegah Stunting, Pemkab Solok Terapkan Pola Hidup Sehat

    Cegah Stunting, Pemkab Solok Terapkan Pola Hidup Sehat SOLOK, HARIANHALUAN.COM — Pemerintah terus berupaya mencegah tingginya angka stunting di tengah masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS harus diterapkan oleh semua orang, tidak t.
  • Kamis, 29 Agustus 2019 - 15:47:41 WIB

    Polantas Sawahlunto Diimbau Bersikap Simpatik dan Humanis Layani Masyarakat

    Polantas Sawahlunto Diimbau Bersikap Simpatik dan Humanis Layani Masyarakat SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) agar bersikap simpatik dan humanis dalam melayani masyarakat. Polantas juga jangan menjadi pemicu konflik pelaksanaan tugas di lapangan. .
  • Kamis, 28 Maret 2019 - 20:04:08 WIB

    Ditpolairud Polda Sumbar Resmi Punya Gedung Baru

    Ditpolairud Polda Sumbar Resmi Punya Gedung Baru PADANG, HARIANHALUAN.COM-Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, resmikan gedung baru Mako Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Sumbar, di Jalan Raya Padang-Painan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, K.
  • Senin, 20 Juni 2016 - 02:44:36 WIB
    TSR Pemkab Pessel

    Pola Pendidikan Perlu Evaluasi Bersama

    Pola Pendidikan Perlu Evaluasi Bersama PAINAN, HALUAN — Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pesisir Selatan, Zulkifli mengimbau orangtua untuk meningkatkan perhatian pada pola belajar anak. Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan anjloknya nila.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]