Budidaya Jamur, KWT di Sijunjung Ini Raup Untung Rp200 Ribu Per Hari


Kamis, 13 Juli 2017 - 14:16:36 WIB
Budidaya Jamur, KWT di Sijunjung Ini Raup Untung Rp200 Ribu Per Hari Salah seorang anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Taratak Bukik Kenagarian lalan saat memperlihatkan hasil budidaya jamur Tiram yang siap dipasarkan ke masyarakat

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-- Jamur tiram kian diminati masyarakat. Pasalnya, jamur tersebut bisa mengobati berbagai macam penyakit serta memberikan keuntungan berlipat ganda bagi petani.

Hal tersebut diungkapkan Dina Krisnawati yang merupakan Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Jamur Tiram Taratak Bukik Kenagarian Lalan Kecamatan Lubuk Tarok.

Menurutnya,  jamur tiram juga diminati masyarakat karena mengandung vitamin B12 dan sangat bermanfaat menurunkan gula darah, kolesterol dan juga sebagai antioksidan. Jika dimasak zat yang terkandung di dalamnya tidak terurai. Apalagi, jamur jenis ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan diantaranya, keripik, sate, nugget, burger, sosis, sop, kerupuk, tepung jamur dan sebagainya.

" Jamur Tiram tersebut banyak manfaatnya dan semua bisa dijadikan uang, tapi kalau buat sendiri bibitnya," tuturnya.

Dina mengakui, bisnis jamur tiram tersebut merupakan bantuan dari Dinsosnakertrans Kabupaten Sijunjung pada tahun 2016 lalu dan belum lama ditekuninya. Namun, bisa dijadikan sebagai uang tambahan bagi para ibu-ibu yang ada di Kenagarian lalan dengan bergabung di kelompok Wanita Tani taratak Bukik, dengan mengembangakan bisnis jamur Tiram.

” Alhamdulillah, dalam satu kali panen, kita bisa menghasilkan jamur tiram seberat 11 kg/hari,” ujarnya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 18:53:43 WIB

    Edhy Prabowo Optimis Indonesia Bisa Budidaya Lobster

    Edhy Prabowo Optimis Indonesia Bisa Budidaya Lobster JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi Universitas Tasmania dalam kunjungan kerjanya di Australia. Di sana, dia melihat langsung budidaya lobster yang dikembangkan para peniliti u.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 00:44:54 WIB

    Daswippetra Dt Mjj Alam Siap Budidayakan Kopi Bersama Petani

    Daswippetra Dt Mjj Alam Siap Budidayakan Kopi Bersama  Petani SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Janji anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Daswippetra Dt Mjj Alam yang hendak melakukan budidaya kopi bersama petani di Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok, bakal terealisasi..
  • Selasa, 26 Juni 2018 - 12:37:03 WIB

    Anton Budidayakan Stroberi di Pasbar

    Anton Budidayakan Stroberi di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Anten Susanto (40 tahun) seorang petani di Nagari Sinuruik Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berhasil mengembangkan stroberi di sekitar pekarangan rumahnya..
  • Selasa, 19 September 2017 - 17:40:22 WIB

    Potensi Budidaya Udang di Tanjung Mutiara

    Potensi Budidaya Udang di Tanjung Mutiara AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) mendukung rencana pembudidayaan udang vaname yang sedang dipersiapkan pada pesisir pantai Tanjung Mutiara dan akan membantu peralatannya .
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 03:17:51 WIB

    Budidaya Lele Diharapkan Dorong Ekonomi Masyarakat

    Budidaya Lele Diharapkan Dorong Ekonomi Masyarakat PADANG PANJANG, HA­LUAN — Untuk mening­katkan kesejahteraan masya­rakat Kota Padang Panjang, Pemerintah kota (Pemko) setempat terus berupaya men­dorong masyarakat dengan beberapa program unggulan. Salah satu program ter.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]