Ratusan Koperasi di Sumbar Akan Dibubarkan


Jumat, 14 Juli 2017 - 11:28:58 WIB
Ratusan Koperasi di Sumbar Akan Dibubarkan Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Selain kabar bahagia dengan banyaknya penghargaan yang diraih Sumbar pada peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional tahun ini, juga ada kabar yang kurang sedap. Pasalnya, sekitar 605 unit koperasi di Sumbar akan dibubarkan.

Proses pembubaran hanya menunggu waktu, karena sebelumnya telah diupayakan dengan berbagai cara agar koperasi tersebut bisa tetap seiring sejalan dengan koperasi lainnya.

Koperasi yang akan dibubarkan itu meliputi koperasi serba usaha, koperasi pasar juga KPN. Alasan pembubaran diantaranya, tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) lebih dari 3 tahun, tidak ditemui keberadaan koperasi itu dan tidak ada pengurusnya.

Kabid Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Doni Ubani kepada Haluan kemarin menjelaskan, jumlah koperasi di Sumbar sebanyak 4.054 uni. Namun yang aktif hanya sekitar 2.894 dan sisanya 1.160 unit tidak aktif lagi.

“Dari 1.160 unit koperasi yang tidak aktif itu, sebanyak 605 unit memang sudah tak bisa dibina lagi. Hal itu dibuktikan dari verifikasi yang dilakukan ke lapangan. Karena itu, seluruh kewajiban dengan pihak ketiga, diselesaikan. Kemudian dibubarkan,” terang Doni Ubani.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]