Pustaka Desa Sawahlunto Dimaksimalkan


Jumat, 14 Juli 2017 - 13:38:24 WIB
Pustaka Desa Sawahlunto Dimaksimalkan Kabid Penyelenggara Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sawahlunto turun melakukan pembinaan ke Desa Bukit Gadang Talawi. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Memaksimalkan fungsi perpustakaan yang ada di desa dan kelurahan diperlukan kualitas SDM yang mumpuni. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto terus melakukan kepada desa dan kelurahan yang memiliki perpustakaan.

"Saat ini banyak perpustakaan di desa dan kelurahaan di kota ini, yang dikelola asal asalan seperti tempatnya yang hanya menumpang di pojok kantor desa. Termasuk petugas perpustakan yang tidak dikhususkan mengelola perpustakaan, tapi hanya sebagai tugas sampingan," kata Kabid Penyelenggara Perpustakaan dinas setempat, Subandi didampingi Pustakawan, Indra Ismail kepada Harianhaluan.com, Kamis (13/7).

Subandi menilai, selama ini perhatian terhadap perpustakaan termasuk rendah dimana dilihat dengan tidak terurusnya sebagai tempat yang digunakan srbagai perpustakaan. Tidak menempatkan petugas khusus untuk kelolanya sehingga azas manfaat dari keberadaanya tidak berdampak kepada warganya.

"Desa bisa mengangarkan sendiri untuk tempat atau bangunan untuk pustaka , termasuk mempekerjakan petugas atau SDM yang ahli dibidangnya," katanya.

Hadirnya perpustakaan di desa, sebutnya, sangatlah penting dalam upaya menyediakan fasilitas umum untuk masyarakatnya dalam menambah wawasan melalui koleksi buku yang dimiliki. Membaca, lanjutnya, adalah jendala dalam membuka cakrawala dunia, sehingga ilmu dan pemikiran masyarakat akan semakin bertambah, yang manfaatnya bisa sebagai ispirasi dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Selain pembinaan ke desa dan kelurahan, ungkap Subandi, pihaknya juga akan melakukan pembinaan kepada perpustakaan sekolah baik Sekolah Dasar maupun Sekolah Memengah Pertama yang ada di kota ini.

"Intinya kita mau mengoptimalkan keberadaan perpustakaan itu dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat," ujarnya. (h/mg-rki/hel)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]