Realisasi Pajak Kendaraan di Provinsi Sumbar Capai Rp317,2 miliar.


Jumat, 14 Juli 2017 - 13:56:28 WIB
Realisasi Pajak Kendaraan di Provinsi Sumbar Capai Rp317,2 miliar. Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor pada pelayanan pendapatan provinsi Sumbar pada semester I  tahun 2017 mencapai Rp317,2 miliar.

"Pada semester pertama ini target penerimaan pajak senilai Rp290,8 miliar, dengan realisasi Rp317,2 miliar atau 109,05 persen,” kata Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Provinsi Sumatra Barat Jaya Isman kepadaHaluan, Rabu (12/7).

Dikatakan Jaya, penerimaan pajak tersebut bersumber dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada kendaraan baru, bekas, plat kendaraan di luar Sumbar dan alat berat.

Dirincikan oleh Jaya Isman, dari total pendapatan pajak itu, masing-masing untuk kendaraan baru senilai Rp209,1 miliar dengan PKB Rp28 miliar dan BBNKB Rp 181,1 miliar. Sedangkan untuk kendaraan bekas senilai Rp101,2 miliar, dengan PKB Rp99,9 miliar dan BBNKB Rp1,3 miliar. Kemudian, plat kendaraan di luar Sumbar senilai Rp6,7 miliar dengan rincian masing-masing PKB Rp5,7 miliar dan BBNKB Rp981,6 juta.

Kemudian pajak dari alat berat senilai Rp46,2 juta hanya untuk pemasukan PKB. Jadi total keseluruhuan jumlah PKB untuk kendaraan tersebut senilai Rp133,7 miliar dan BBNKB Rp183,4 miliar.

“Penerimaan pajak kendaraan bermotor paling banyak disumbangkan dari kendaraan baru. PKB sebanyak 58.569 unit, BBNKB sebanyak 58.569 total 117.138 unit kendaraan atau senilai Rp209, 1 miliar,”ujarnya.

Dikatakan Jaya, secara keseluruhan dari periode Januari-Juni, realisasi yang dicapai menggembirakan, bahkan melebihi target.

“Namun pencapaian pada bulan Juni, terjadi penurunan. Hal ini disebabkan momentum Lebaran serta tahun ajaran baru. Sehingga, wajib pajak menunda pembayaran pajaknya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Jaya, meningkatkanya penerimaan pajak dipengaruhi dengan beberapa faktor, antara lain tingkat ekonomi masyarakat, dan pelayanan kantor pajak yang memadahi.

Untuk pelayanan yang diberikan, menurut dia, saat ini pihaknya telah menyediakan berbagai inovasi untuk memberikan kemudahan si wajib pajak untuk membayar, seperti Pojok Pajak (Pajak Corner), Samsat Drive Thru, dan Samsat Anywhere.  

"Pelayanan seperti itu yang diperlukan untuk meningkatkan jumlah wajib pajak yang taat pajak," katanya.

Selain itu Jaya mengimbau kepada wajib pajak untuk melakukan pengurusan sendiri. Hal ini untuk mengurangi keberadaan calo. Sebab, jika masyarakat mau melakukan pengurusan sendiri tentunya tidak memerlukan calo.

“Lebih baik mengurus sendiri, karena saat ini tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk mengurus pajak kendaraan. Selain itu kami juga telah menyediakan berbagai pelayanan yang dapat memudahkan masyarakat,”katanya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]