Warga Sumbar Miskin Karena Rokok


Selasa, 18 Juli 2017 - 16:57:47 WIB
Warga Sumbar Miskin Karena Rokok Ilustasi/Haluan

 

“Penduduk miskin di Sumbar mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli beras dan rokok pada komoditas makanan. Rokok menjadi penyumbang nomor dua terbanyak pengeluaran masyarakat miskin di SumbarSukardi, Kepala BPS Sumbar.

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM— Garis kemiskinan di Sumbar selama September 2016—Maret 2017 meningkat 3,55 persen. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, kenaikannya mencapai Rp438.075 per kapita pada September 2016 menjadi Rp453.612 per kapita pada Maret 2017. Meski demikian, angka kemiskinan turun.

Garis kemiskinan atau batas kemiskinan adalah tingkat minimum pendapatan yang dianggap perlu dipenuhi untuk memperoleh standar hidup yang mencukupi di suatu daerah. Garis kemiskinan berguna sebagai perangkat ekonomi yang dapat digunakan untuk mengukur rakyat miskin dan mempertimbangkan pembaharuan sosio-ekonomi, misalnya seperti program peningkatan kesejahteraan dan asuransi pengangguran untuk menanggulangi kemiskinan.

Kepala BPS Sumbar, Sukardi mengatakan, komponen terbesar pembentuk garis kemiskinan di Sumbar adalah garis kemiskinan makanan dengan kontribusi 76,47 persen, sedangkan garis kemiskinan nonmakanan memberikan kontribusi 23,53 persen.

“Ada kenaikan angka garis kemiskinan di Sumbar periode September – Maret,” terang Sukardi di Kantor BPS Sumbar, Jalan Khatib Sulaiman, Nomor 48, Padang, Senin (17/7).

Mirisnya, rokok masih menjadi pemicu kedua pemiskinan di provinsi itu dengan andil 14,07 persen di perkotaan dan 15,70 persen di pedesaan berdasarkan data periode Maret 2016-Maret 2017.

“Penduduk miskin di Sumbar mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli beras dan rokok pada komoditas makanan. Rokok menjadi penyumbang nomor dua terbanyak pengeluaran masyarakat miskin di Sumbar. Mereka sulit menghilangkan kebiasaan merokok karena sudah telanjur menikmatinya walau sudah ditakut-takuti dengan gambar penyakit di bungkus rokok," kata Sukardi.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]