Jelang Pilkada Padang, Isyarat Koalisi PKS – Gerindra dari Batavia


Selasa, 18 Juli 2017 - 17:08:22 WIB
Jelang Pilkada Padang, Isyarat Koalisi PKS – Gerindra dari Batavia Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Diam-diam, elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra mengadakan silaturahmi politik, Senin (17/7) sore. Dalam pertemuan, sejumlah strategi dan isu jelang helatan Pilkada Padang dibicarakan.

Informasi yang didapat Haluan, dari Gerindra, pertemuan dihadiri Wakil Ketua DPP, Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR RI dan Wasekjen, Andre Rosiade. Di kubu PKS, ada Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPP PKS, Chairul Anwar, anggota Majelis Syuro PKS Refrizal dan Marfendi dari DPW PKS Sumbar. Pertemuan digelar di ruang Fadli Zon, Kompleks DPR RI, Jakarta.

Pertemuan itu seolah-oleh sebagai isyarat, keduanya sama-sama akan mengusung kader-kader terbaik dalam Pilkada mendatang. Jika itu terjadi, persaingan politik di Pilkada Padang, akan semakin mengerucut. Dipastikan, efeknya akan membuat calon-calon lain di luar kedua partai, akan berpikir ulang untuk melangkah. Tidak menutup kemungkinan pula, di Pilkada Padang akan terjadi head to head antara Mahyeldi beserta wakilnya, melawan Emzalmi – Desri Ayunda. Jika itu terjadi, akan banyak kursi DPRD yang akan terbuang.

Dalam pertemuan, banyak hal yang dibahas, mulai dari pembangunan Sumbar ke depan dan isu-isu hangat di tingkat lokal. Namun, lazimnya pertemuan dua pengurus partai, tentu, pembicaraan tidak jauh-jauh dari Pilkada, termasuk Pilkada Padang yang akan dihelat tahun 2018. Seperti diketahui, PKS – Gerindra sudah jauh-jauh hari memantapkan koalisi. Tidak hanya di Sumbar, tapi juga secara nasional. Koalisi itu, kemungkinan besar juga akan terjadi di Kota Padang, yang memang menjadi basis suara dua partai tersebut.

Pertemuan berlangsung sekitar 1,5 jam. Kedua belah pihak melakukan pembahasan alot soal langkah-langkah yang akan diambil pada Pilkada Padang. Namun sayangnya, para tokoh yang bertemu enggan membocorkan hasil pertemuan secara gamblang. Termasuk, tentang siapa pasangan calon yang akan diusung nantinya.

Wasekjen Gerindra, Andre Rosiade yang dihubungi Senin sore, mengakui ada pertemuan tersebut. Termasuk keterlibatannya dalam pertemuan. “Iya, memang ada silaturahmi politik antara elite dari PKS dan Gerindra. Dari PKS, ada Chairul Anwar, Marfendi dan Refrizal. Di Gerindra, saya dan Fadli Zon,” aku Andre Rosiade.

Ketika ditanya lebih jauh, Andre menyebut, pertemuan yang digelar hanya silaturahmi politik biasa. Dia enggan membeberkan poin-poin yang jadi pembahasan. “Soal kelanjutannya nanti saja. Ini silaturahmi politik saja. Kalau soal Pilkada Padang, iya, memang dibahas, begitu juga tentang pemangunan Sumbar ke depannya,” tutur tokoh muda Minang itu.

Jauh-jauh hari, Partai Gerindra sudah menjajaki peluang untuk berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada pelaksanaan empat Pilkada di Sumbar. Yakninya, Pilkada Padang, Pilkada Pariaman, Padang Panjang dan Sawahlunto. Namun, sampai sekarang, Gerindra belum menentukan calon. Khususnya di Kota Padang, belum ada kepastian, siapa yang akan maju dan mendampingi Mahyeldi, jika memang berkoalisi.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]