Sumbar Akhirnya Punya Pengukur Kualitas Udara


Selasa, 18 Juli 2017 - 18:03:47 WIB
Sumbar Akhirnya Punya Pengukur Kualitas Udara PENGUKUR KUALITAS UDARA—Seorang warga memfoto alat kualitas udara di depan Kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/7). Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan alat tersebut guna mengecek kualiatas udara. HOLY ADIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Beberapa tahun terakhir ini, Sumbar dapat dikatakan sering mengalami dampak kabut asap yang sumbernya bukan berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Sumbar. Karena itu, masyarakat diingatkan untuk waspadai dan mengetahui kualitas sehat atau tidak sehatnya udara di Sumbar melalui alat pemantauan kualitas udara.

Hal itu dikatakan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, setelah meresmikan pemakaian alat pemantauan kualitas udara (air quality monitoring system/AQMS) di depan Kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/7). Peresmian alat tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia.

Irwan mengatakan, alat pengukur udara secara otomatis itu bukan alat yang murah. Karena itu, ia berharap data kualitas udara yang disajikan oleh alat itu dimanfaatkan tidak hanya pada saat bencana kabut asap, tetapi juga dalam kondisi normal.

Di Sumbar, kata Irwan, alat pemantauan kualitas udara baru tersedia satu unit yang ditempatkan di halaman kantor gubernur. Alat AQMS diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Dari empat provinsi yang akan mendapatkan alokasi AQMS pada tahun ini, kata Irwan, Sumbar merupakan daerah alat pemantauan kualitas udaranya yang kali pertama diresmikan pemakaiannya. Bagi pemerintah pusat, semoga data kualitas udara Sumbar menjadi pembanding kualitas udara bagi provinsi lainnya," tuturnya didampingi Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK, Dasrul Chaniago. (h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 07 Juni 2020 - 10:21:50 WIB

    Bertambah 8 Orang Positif Covid-19 di Sumbar, Solsel dan Pasbar Catatkan Kasus Baru

    Bertambah 8 Orang Positif Covid-19 di Sumbar, Solsel dan Pasbar Catatkan Kasus Baru HARIANHALUAN.COM - Sebanyak delapan warga Sumatra Barat (Sumbar) kembali dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 pada Minggu (7/6/2020) pagi berdasarkan update data pukul 07.00 WIB. Delapan orang tersebut ber.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:23:25 WIB

    Positif Covid-19, 129 Orang dalam Perawatan Rumah Sakit Rujukan di Sumbar

    Positif Covid-19, 129 Orang dalam Perawatan Rumah Sakit Rujukan di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Sekitar 20,87 persen pasien terkonfirmasi Covid-19 masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan di Sumatra Barat (Sumbar). Artinya, dari total 618 pasien yang dinyatakan positif, 129 orang diantaranya masi.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:16:21 WIB

    Tambahan 11 Kasus Positif di Sumbar, Ada Bayi Umur 8 Bulan

    Tambahan 11 Kasus Positif di Sumbar, Ada Bayi Umur 8 Bulan HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 862 spesimen yang diterima kemudian diperiksa oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakuktas Kedokteran Unand dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukit.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 15:28:07 WIB

    Dua Pejabat Berprestasi Polda Sumbar Pindah Tugas

    Dua Pejabat Berprestasi Polda Sumbar Pindah Tugas HARIANHALUAN.COM - Sesuai surat edaran telegram Kapolri Jenderal Idham Aziz nomor: ST/1630/VI/KEP/2020 tanggal 5 Juni 2020, Dua pejabat utama jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) dimutasi..
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 13:36:34 WIB

    Sumbar akan Berlakukan New Normal 8 Juni

    Sumbar akan Berlakukan New Normal 8 Juni HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat akan memberlakukan tatanan normal baru mulai 8 Juni 2020, menyusul berakhirnya pembatasan sosial berskala besar tahap ketiga untuk mengendalikan penularan COVID-19 pada 7 J.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]