Komisi IV DPRD Sumbar Desak Provinsi Siapkan RDTR Mandeh


Selasa, 18 Juli 2017 - 19:31:39 WIB
Komisi IV DPRD Sumbar Desak Provinsi Siapkan RDTR Mandeh Bupati Pessel Hendra Joni saat melihat kawasan mandeh yang dirusak oleh oknum. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM— Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas mendesak pemerintah provinsi memprioritaskan penganggaran untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh di APBD 2018.

Disebut M Nurnas Kabupaten Pesisir Selatan membutuhkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk Mandeh agar pembangunan di daerah tersebut lebih tertata dan tidak merusak lingkungan. Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sendiri sudah dimiliki dan disiapkan oleh pemerintah kabupaten setempat. Namun untuk RDTR, sebut M Nurnas, sampai sekarang belumlah ada.

Pesisir selatan sekitar tahun 2013 lalu sudah pernah meminta pada pemerintah provinsi untuk penyiapan RDTR, namun sayangnya sampai sekarang itu belum terealisasi.

"Pemerintah provinsi terbukti lalai karena tidak menyiapkan RDTR kawasan Mandeh hingga sekarang. Karena dikembangkan menjadi KWBT tanggungjawab penyiapan RDTR ada di provinsi. Dan provinsi juga punya andil melakukan pengawasan," tegas M Nurnas pada Haluan, Selasa (18/7).

Karena belum adanya RDTR yang berhubungan dengan kajian  pembangunan, beberapa waktu lalu daerah tersebut sempat dihebohkan dengan kasus perusakan hutan bakau. Di sisi lain provinsi melalui Dinas PUPR belum lama ini menginformasikan baru akan memasukkkan anggaran untuk RDTR Mandeh di APBD 2018.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]