Polda Sumbar Ungkap Jaringan Narkoba yang Dipasok dari Riau


Selasa, 18 Juli 2017 - 22:59:32 WIB
Polda Sumbar Ungkap Jaringan Narkoba yang Dipasok dari Riau Ditresnarkoba Polda Sumbar gelar release pengungkapan dua jaringan narkoba antar provinsi, Selasa (18/7) Dari hasil pengembangan berhasil ditangkap tujuh orang pelaku dengan total barang bukti 600 gram narkoba jenis sabu dan enam pil extasi. (huda putra)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polda Sumbar membongkar dua jaringan pengedar narkoba jenis sabu-sabu dengan tersangka berjumlah tujuh orang. Diduga kuat barang haram tersebut berasal dari Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kombes Kumbul Kusdwijanto Sudjadi dengan didampingi oleh Kabid Humas, Kombes Syamsi, Wadir Res Narkoba, AKBP Yulmar Try Himawan, Kasubbid Penmas, AKBP Nina Martini dan Kaur Mitra Subbid Penmas Bid Humas, Kompol N Ratna Juita Zein kepada sejumlah awak media, Selasa (18/7) siang di lantai empat Mapolda Sumbar, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 55, Kecamatan Padang Barat.

Adapun ketujuh orang yang diamankan oleh polisi tersebut diantaranya F (32), Z (60), DL (25), CP (39), DM (34), DB (44), dan RS (35). Pengungkapan jaringan pengedar sabu-sabu ini berawal dari ditangkapnya DM oleh petugas kepolisian pada 12 Juli 2017 lalu di Jalan Raya Padang-Bukittinggi tepatnya di terminal Bukit Surungan, Kota Padang Panjang.

Dari tangannya, tim Subdit III Dit Resnarkoba Polda Sumbar menyita sejumlah barang bukti (bb), diantaranya satu ons sabu-sabu dan satu telepon genggam dari DM.

"Dari keterangannya, dia mendapatkannya (sabu-sabu, red) dari tangan salah seorang rekannya yang berasal di daerah Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau. Orang tersebut sedang kami buru," sebut Kumbul.

Selang beberapa harinya, Polda Sumbar kembali menangkap setidaknya enam orang. Tiga diantaranya merupakan sopir yang diduga terlibat dalam bisnis haram tersebut. Penangkapan dua pelaku terjadi di Kota Padang, diantaranya CP dan RS (35) diamankan di Jalan Bypass KM 6, Kelurahan Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur. Setidaknya, 100 gram sabu-sabu disita dari keduanya.

"Kemudian di sisi lain, tim opsnal narkoba yang menyebar di seluruh wilayah hukum Polda Sumbar juga menangkap empat orang lainnya di dua kawasan berbeda. Dua kami amankan di salah satu hotel bintang yang ada di Kota Padang, diantaranya Z (60) dan DB (44). Disana kami mendapati satu paket kecil sabu-sabu dan enam butir pil ekstasi serta satu unit telepon genggam," ulasnya.

Kemudian, polisi melakukan pengembangan. Dari kedua orang pelaku itu, juga berhasil diamankan dua pelaku lainnya berinisial F dan DL di Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh KM 8 Desa Lundang Jorong Lundang Kenagarian Panampuang Kecamatan IV Angkek, Kabupaten Agam.

 "Mereka ini keduanya berprofesi sebagai seorang sopir. Kami yang sudah lama mengikuti pergerakan mereka kemudian berhasil mengamankan dan kami terkejut jika cukup banyak barang haram yang akan mereka edarkan, yaitu sebanyak 400 gram sabu-sabu," ungkap Kumbul.

Kumbul mengatakan bahwa jaringan pengedar barang haram jenis sabu-sabu ini datang dari Provinsi Riau.\

"Pengakuan semua tersangka, barang haram ini mereka dapatkan dari Riau dan untuk diketahui, tujuh orang yang diamankan berada dalam dua jaringan yang berbeda, namun tujuan mereka sama. Mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu dan pil ekstasi," tukasnya. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Mei 2019 - 01:36:39 WIB

    Pekan Ini, Polda Sumbar Tangkap Empat Pelaku Pengedar Narkoba

    Pekan Ini, Polda Sumbar Tangkap Empat Pelaku Pengedar Narkoba PADANG, HALUAN-Seminggu ini, Polda Sumbar, mengamankan empat orang pelaku pengedar narkoba dengan barang bukti sekitar 16 kilogram ganja dan satu ons sabu. Dari empat orang tersebut satu diantaranya seorang ibu rumah tangga (.
  • Kamis, 25 April 2019 - 19:39:50 WIB

    Kasus Narkoba, Polda Sumbar Bekuk Tujuh Pelaku

    Kasus Narkoba, Polda Sumbar Bekuk Tujuh Pelaku PADANG, HARIANHALUAN.COM-Selama April 2019 ini, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar, sudah menangkap tujuh orang pelaku penyalahgunaan narkoba. Dari tujuh pelaku satu orang diantaranya seorang mahasiswa d.
  • Rabu, 24 April 2019 - 11:28:49 WIB

    Polda Sumbar Ringkus Dua Pebisnis Kulit Harimau

    Polda Sumbar Ringkus Dua Pebisnis Kulit Harimau PADANG, HARIANHALUAN.COM—Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar, mengamankan dua pelaku berinisial S dan A karena memiliki, menyimpan, sekaligus memperjualbelikan kulit dan bagian tubuh lain dari ha.
  • Selasa, 19 Maret 2019 - 11:36:51 WIB

    Polda Sumbar Terus Lidik Tarok City

    Polda Sumbar Terus Lidik Tarok City PADANG, HARIANHALUAN.COM—Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar, masih terus melakukan penyelidikan (lidik) atas dugaan praktik korupsi dalam pembangunan Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok City (KPTTC.
  • Selasa, 12 Februari 2019 - 11:24:18 WIB

    Polda Sumbar Ciduk Tersangka Pengedar Sabu Bersenjata Api

    Polda Sumbar Ciduk Tersangka Pengedar Sabu Bersenjata Api PADANG, HARIANHALUAN.COM-Direktorat Narkoba Polda Sumbar, menangkap dua orang yang diduga pengedar narkotika jenis sabu di dua lokasi yang berbeda. Satu orang diantaranya diketahui, mantan anggota TNI yang telah diberhentikan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]