Libatkan Guru Dalam Pembangunan Pariwisata


Rabu, 19 Juli 2017 - 11:31:33 WIB
Libatkan Guru Dalam Pembangunan Pariwisata PERAN GURU—Sekitar 200 guru SMA/SMK mengikuti pelatihan dasar kepariwisataan agar mereka dapat memberikan informasi yang lebih lengkap pada siswanya dalam rangka pembangunan bidang pariwisata, Selasa (18/7) di Padang. IST.

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guru memegang peranan penting dalam pembangunan pariwisata. Lewat guru, informasi tentang pariwisata yang tak semata menyajikan sesuatu yang indah dan menyenangkan, tetapi juga mengandung unsur aktivitas ekonomi, dapat tersampaikan kepada anak didiknya.

“Kita berharap, guru dapat berbagi cerita dengan siswanya tentang mengelola pariwisata. Seperti kebiasaan-kebiasaan masyarakat setempat, makanan lokal dan juga budayanya yang dapat disajikan dengan menarik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman dihadapan sekitar 200 guru SMA/SMK peserta Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan untuk Guru SMA/SMK di Sumbar, Selasa (18/7) di Padang.

Dia menjelaskan, monyet memanjat kelapa, petani membajak sawah atau sistem matrilineal masyarakat Ranah Minang adalah contoh kebiasaan lokal atau budaya yang sangat menarik minat wisatawan. Sementara sebagian besar siswa saat ini tak paham lagi tradisi tersebut.  Jadi tugas guru untuk memberikan penjelasan dan memacu siswa untuk mencintai kekayaan daerahnya.

Kabid Destinasi dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Sumbar, Deviani menyebutkan, untuk percepatan pembangunan pariwisata perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata agar mereka lebih profesional, termasuk guru.

“Peran guru sangat diharapkan untuk melahirkan tenaga kerja bidang pariwisata yang berkualitas, bisa bersaing di dunia kerja,” katanya.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]