Pesilat Luak Limopuluah Tekun Berlatih Raih Prestasi


Rabu, 19 Juli 2017 - 11:40:17 WIB
Pesilat Luak Limopuluah Tekun Berlatih Raih Prestasi Ilustasi/Haluan

 

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM- Silat Lintau, Kabupaten Tanah Datar, sangat terkenal di Luak Limopuluah, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Pada masa lalu anggota perguruan silat Lintau di segani anggota perguruan silat pada  kedua daerah bertetangga itu. Bahkan ada juga pemuda daerah ini yang berguru silat ke Lintau.

Baca Juga : Rang Sumando Resmi Kembali ke Semen Padang FC

Namun, sekarang olah raga silat lebih banyak untuk meraih prestasi. Tak terkecuali Persatuan Silat Tangkap Ular (PSTGU). Walau dengan fasilitas terbatas, matras dan sansak  yang belum dimiliki, PSTGU Jorong Kayu Merantiang, Nagari Tanjung Bonai, Lintau tetap berprestasi.

Pengurus Silat PSTGU, Arkadius dan penggemar silat bernama Kuntang, Senin (17/7) mengatakan, kunci utama untuk berhasil dan mencatat prestasi adalah berlatih dengan tekun dan nawaitu yang baik. Walau belum maksimal, pesilat maupun guru dan pengurus menghidupkan latihan dua kali seminggu.

Baca Juga : El Real Gagal Menyalip Atletico Madrid

Dikatakannya, buah latihan dua kali seminggu itu, beberapa kegiatan yang diikuti iven se-Kabupaten Tanah Datar dan Sumatera Barat, seperti GSB (Gelanbggang Silih Berganti), Kejuaraan silat Sumarak Bukittinggi, O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa) tingkat Tanah Datar dan Sumatera Barat, baru berhasil meraih peringkat dua di berbagai tingkatan..

Seperti dalam GSB PSTGU yang dipimpin Junaidi sebagai tuo silek yang juga merangkap  pelatih, Chan sebagai Ketua, Arkadius sebagai sekretaris,  dan Ben Yuzra sebagai bendahara, berhasil meraih medali perak GSB Tanah Datar di Lintau, GSB Salimpaung, serta GSB Tanah Datar yang berlangsung di Limakaum.

Pesilat  yang  meraih medali perak tersebut atas nama  Weski dan Nobit tingkat SLTA, dan Junit bersama  Tasa  dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kata Arkadius. Harapan bantuan fasilitas matras serta perlatan latihan ini, diharapak  dari Bapak Arkadius Dt. Itan Bano wakil ketua DPRD Sumatera Barat. (h/zkf)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]