67 Calon Paskibra Sawahlunto Mulai Berlatih


Rabu, 19 Juli 2017 - 11:45:06 WIB
67 Calon Paskibra Sawahlunto Mulai Berlatih Ilustasi/Haluan

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 67 pelajar calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Sawahlunto mulai berlatih. Mereka yang akan bertugas pada upacara bendera 17 Agustus 2017 itu, merupakan utusan dari SLTA yang telah diseleksi oleh tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat di sekolah masing-masing.

"Calon paskibra sudah memulai latihan di bawah pembinaan pelatih yang terdiri dari unsur TNI AD, Polri, purna paskibraka Indonesia dan Disparpora. Meskipun nantinya sudah berlatih, belum pasti bisa menjadi Paskibraka. Jika tak memenuhi syarat, maka capas bisa saja dipulangkan ke sekolahnya. Ini sudah ada kesepakatan awal saat rekrutmen,” kata Kasi Pemuda Disparpora Kota Sawahlunto, Harun Sanip.

Untuk latihan awal, sebutnya, sengaja dilakukan di lapangan Saringan untuk melaksanakan latihan dasar gerakan di tempat dan berjalan. Tahapan latihan formasi serta penaikan dan penurunan bendera akan dilakukan di Lapangan Ombilin tempat pelaksanaan upacara nantinya.

Ditambahkan sanip, sepekan jelang pelaksanaan upacara, para calon paskibra akan dikarantinakan melalui program desa bahagia di sanggar Kegiatan Belajar mulai, jelang 17 Agustus, peserta akan dibekali pelatihan menyangkut membentuk karakter para pasukan, tata karma dan etika sopan santun terhadap orang lain dan sesama pasukan yang keseluruhannya sudah diatur dalam bentuk pengunapan di asrama.

“Keseluruhan tahapan selama karantina juga diberikan pembekalan kebangsaan, keagamaan dan kepemimpinan oleh narasumber dan pembina,” ungkapnya. (h/mg-rki)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]