Napak Tilas Bagindo Aziz Chan, Tangkal Radikalisme dengan Mengenang Pahlawan


Rabu, 19 Juli 2017 - 12:08:25 WIB
Napak Tilas Bagindo Aziz Chan, Tangkal Radikalisme dengan Mengenang Pahlawan NAPAK TILAS—Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, melepaskan secara resmi peserta napak tilas mengenang perjuangan Bagindo Aziz Chan di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (18/7) malam. Napak tilas kali ini diikuti oleh 1.800 peserta. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mengenang perjuangan pahlawan bukan hanya menumbuhkan semangat patriotisme dan kecintaan terhadap negara, tetapi juga bisa menangkal radikalisme yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat, bahkan memunculkan terorisme yang saat ini dikhawatirkan marak terjadi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Padang, Fadly Amran, setelah melepaskan ribuan peserta napak tilas untuk mengenang pahlawan nasional dari Kota Padang, Bagindo Aziz Chan, di halaman Kantor Gubernur Sumatra Barat, Selasa (18/7).

Menurut Fadly, napak tilas itu akan menumbuhkan semangat pratiotisme, semangat kecintaan terhadap  NKRI, semangat bineka tunggal ika, dan nilai Pancasila dalam diri pemuda Kota Padang yang mengikuti kegiatan tersebut. Apabila semangat dan nilai tersebut terdapat dalam diri para pemuda, mereka akan terlindungi dari paham radikal.

“Napak tilas ini mencoba mengingat kembali jasa perjuangan Bagindo Aziz Chan demi Kota Padang. Melalui kegiatan ini, kami mengharapkan jiwa kepahlawanan muncul dalam diri pemuda. Kami mengharapkan setiap pemuda bersikap patriot,” ujarnya.

Pada napak tilas ke-13 yang digelar oleh Pemerintah Kota Padang ini, kata Fadly, terdapat 1.800 peserta yang berasal dari 11 kecamatan, dan 285 organisasi kepemudaan serta organisasi perangkat daerah di Padang.

Ia menambahkan, napak tilas itu dimulai dari Kantor Gubernur Sumbar dan berakhir di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol dengan melalui Jl. Rasuna Said, Jl. KH Ahmad Dahlan, Jl. Gajah Mada, Jl. Jhoni Anwar, Jl. S. Parman, Jl. Samudra, Jl. Nipah, Jembatan Siti Nurbaya, Jl. Kampung Batu, Jl. Bukit Air Manis, Jl. Koto Kaciak, Jl. Sutan Syahrir, Masjid Raya Ganting, dan Rumah Sakit Tentara (RST) Roeksoediwiryo. Acara tersebut akan diakhiri dengna upacara kirab di RST Roeksoediwiryo dan upacara peringatan perjuangan Bagindo Aziz Chan di RTH Imam Bonjol pada Rabu (19/7).

Wali Kota Padang, Mahyeldi, mengatakan, pada tahun ini, pelaksanaan napak tilas Bagindo Aziz Chan diserahkan kepada KNPI Padang. Pada tahun lalu, pihaknya mendelegasikan pelaksaan kegiatan itu kepada organisasi karang taruna.

Napak tilas Bagindo Aziz Chan pada tahun ini, kata Mahyeldi, tidak hanya diikuti oleh pemuda Padang dan Sumatra Barat, tetapi juga diikuti oleh pemuda dari provinsi lain, seperti Riau dan Jambi.

“Pada tahun depan, kami menargetkan, napak tilas Bagindo Aziz Chan diikuti oleh pewakilan peserta dari setiap provinsi di Sumatra. Tahun depannya lagi, kami menargetkan kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari pulau lainnya. Hal itu dilakukan untuk memperkenalkan kepada generasi muda di seluruh Indonesia karena Bagindo Aziz Chan bukan hanya pahlawan Kota Padang, tetapi juga pahlawan nasional,” tuturnya. (h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]