Menjaga Endemik Danau Singkarak, Mahasiswa ISI Bakal Gelar Pesta Rakyat Paninggahan


Rabu, 19 Juli 2017 - 18:19:42 WIB
Menjaga Endemik Danau Singkarak, Mahasiswa ISI Bakal Gelar Pesta Rakyat Paninggahan Dokumentasi Haluan

Menjaga Endemik Danau Singkarak

Mahasiswa ISI Bakal Gelar Pesta Rakyat Paninggahan

 

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Isu yang berkembang atas kepunahan endemik ikan di Danau Singkarak khususnya ikan Bilih menjadi perhatian bagi Mahasiswa Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Untuk itu, mahasiswa ISI melalui sosialisasi kesenian akan mengadakan Pesta Rakyat Paninggahan.

Andri Maijar, selaku Koordinator Lapangan kegiatan saat ditemui Harianhaluan.com, Rabu (19/7) mengatakan, sosialisasi alat tangkap yang ramah lingkungan menjadi ide pokok kelompok Sabiduak Art untuk melaksanakan berbagai kegiatan di sekitaran danau tersebut.

Disampaikan juga bahwa pada tanggal 23 Juli 2017 ini di Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok mereka akan melaksanakan berbagai event yang tentu saja selain menggairahkan nilai wisata di Danau Singkarak.

 Selain itu juga menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat menjaga endemik Danau Singkarak dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Kegiatan ini kita rancang sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat untuk dapat menggairakan aspek wisata nagari paninggahan khususnya. Pada event ibu kita akan melaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba manjalo ikan, pacu biduak, pertunjukan seni dan pameran seni,” sebut Andri.

Sabiduak Art ini merupakan kelompok mata kuliah tata kelola seni pasca sarjana ISI Padangpanjang. Sebagai sebuah mata kuliah, mahasiswa dituntut untuk dapat memberikan apresiasi, baik itu dalam penyajian kesenian dan manajemen sebuah event yang nantinya langsung diaplikasikan di masyarakat. (h/pis)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]