Tentang RDTR Mandeh, Pemprov Sumbar Lalai


Kamis, 20 Juli 2017 - 12:38:38 WIB
Tentang RDTR Mandeh, Pemprov Sumbar Lalai Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas menilai Pemrov Sumbar lalau dalam membuat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di APBD 2018. Padahal, sejak 2013 lalu, Pemkab Pessel sudah memintanya.

Disebut M Nurnas, Kabupaten Pesisir Selatan membutuhkan RDTR untuk Mandeh agar pembangunan di daerah tersebut lebih tertata dan tidak merusak lingkungan. Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sendiri sudah dimiliki dan disiapkan oleh pemerintah kabupaten setempat. Namun untuk RDTR, sebut M Nurnas, sampai sekarang belumlah ada.

“Pesisir selatan sekitar tahun 2013 lalu sudah pernah meminta pada Pemprov untuk penyiapan RDTR, namun sayangnya sampai sekarang belum terealisasi,” ungkap Nurnas.

Dijelaskan Nurnas, jika saja Pemprov fokus, RDRT itu sudah bisa dituntaskan. "Pemprov Sumbar terbukti lalai karena tidak menyiapkan RDTR kawasan Mandeh hingga sekarang. Provinsi juga punya andil melakukan pengawasan dan membuat RDRT, tapi tak kunjung dilakukan," tegas M Nurnas pada Haluan.

Di sisi lain provinsi melalui Dinas PUPR belum lama ini menginformasikan baru akan memasukkkan anggaran untuk RDTR Mandeh di APBD 2018. Nurnas menilai rencana penyiapan RDTR kawasan Mandeh di tahun depan sudah sangat terlambat, sebab sekarang sudah terjadi perusakan di kawasan tersebut.

“Belum adanya RDTR yang berhubungan dengan kajian pembangunan, Mandeh seperti tak bertuan. Puncaknya, beberapa waktu lalu sempat heboh kasus perusakan hutan bakau,” ucap Nurnas.

Agar kerusakan yang ada tidak berlanjut dengan lebih parah lagi, ia meminta rencana penyiapan RDTR memang diprioritaskan. Ini sejalan juga dengan Undang-Undang 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup, dimana disebutkan setiap kawasan yang akan dikembangkan, terlebih dahulu adanya kajian. 

"Setiap pembangunan itu harus berwawasan lingkungan. Harus disiapkan Kajian Hidup Lingkungan Sosial (KHLS)nya, termasuk RDTR," ucap M Nurnas.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]