RSUD Solok, Ditantang Beri Layanan Maksimal


Kamis, 20 Juli 2017 - 14:10:54 WIB
RSUD Solok, Ditantang Beri Layanan Maksimal JENGUK PASIEN — Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menjenguk pasien RSUD Solok, Kota Solok, Rabu (19/7). Ia menantang manajemen RSUD Solok untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan rumah sakit swasta. IST

KOTA SOLOK, HARIANHALUAN.COM — Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menantang RSUD Solok, sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pempro Sumbar, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan rumah sakit swasta.

Menurut mantan bupati Pesisir Selatan itu, BLUD tidak sulit berkembang, bahkan bisa mengalahkan pelayanan rumah sakit swasta apabila dikelola dengan serius dan profesional.

Baca Juga : Ketua TP PKK Siak Bagiakan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir

“Dari data pada 2016, RSUD Solok memperoleh total pendapatan Rp75 miliar. Hasil tersebut diperoleh dengan dukungan 28 dokter ahli, rata-rata rawat inap 80 persen dari total ketersediaan tempat tidur yang berjumlah 258 unit. Artinya, tiap hari 206 tempat tidur rawat inapnya terisi. Itu dalam kondisi biasa atau belum terjadi endemik. Persoalan inilah yang harus kita carikan solusinya agar pelayanan tetap berjalan maksimal meski nanti terjadi endemik,” ujarnya dalam kunjungan kerja ke RSUD Solok bersama Kepala Dinas Kesehatan Sumbar di Kota Solok, Rabu (19/7).

Sehubungan dengan sistem pengelolaan keuangan RSUD Solok berstatus BLUD yang bisa lansung mengelola pendapatannya untuk operasional, menurut Nasrul Abit, manajemen RSUD Solok sudah saatnya memodernkan kemampuan, baik tenaga medik maupun alat-alat kesehatan, agar pelayanan kepada masyarakat makin maksimal.

Baca Juga : Kasus Karhutla, PT Berlian Mitra Inti Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Apalagi RSUD Solok merupakan rujukan bagi RSUD daerah sekitarnya, seperti Dharmasraya, Sijunjung, dan Sawahlunto,” ucapnya.

Nasrul mengingatkan manajemen RSUD Solok untuk berhati-hati melakukan pengadaan alat-alat kesehatan apabila ingin memodernkan alat-alat kesehatan sehingga tidak terlibat dengan masalah hukum.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]