Jalan Lubuk Selasih-Kerinci Segera Diperbaiki


Kamis, 20 Juli 2017 - 14:18:18 WIB
Jalan Lubuk Selasih-Kerinci Segera Diperbaiki Rapat terbatas Pemkab Solsel dengan Dirjen Bina Marga, Kemen PUPR terkait perbaikan akses jalan nasional yang rusak. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Solok Selatan (Solsel) lakukan rapat terbatas dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Dirjen Bina marga terkait kondisi kerusakan akses jalan nasional dari Lubuk Selasih-Kerinci.  Tidak hanya Pemkab Solsel, rapat terbatas juga melibatkan Pemkab Solok dan Kabupaten Kerinci, Jambi sebab tiga daerah inilah yang dilalui jalan nasional itu. 

Wakil ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas mengatakan, pada intinya pihak Dirjen Bina Marga sangat merespon dengan baik kedatangan rombongan. "Pak Dirjen berjanji akan melakukan percepatan perbaikan jalan itu. Harapan saya apa yang dibicarakan waktu pertemuan itu benar-benar bisa diwujudkan," katanya, Rabu (19/7).

Senada, Ketua Fraksi Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPRD Solsel, Armen Syahjohan mengatakan, pihak Dirjen Bina Marga berjanji akan segera memperbaiki jalan Lubuk Selasih-Kerinci, minimal bisa dilalui ajang Tour de Singkarak (TdS) pada Oktober 2017. "Dirjen Bina Marga sudah memerintahkan Balai pengelolaan jalan nasional wilayah II Padang untuk segera memperbaiki jalan rusak tersebut minimal bisa dilalui pembalab TdS dulu,"tandasnya.
    
Pertemuan dengan Dirjen Bina Marga tersebut dihadiri Kepala Badan  Pendidikan dan Pelatihan Sumbar Rosman Efendi, Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria, anggota DPRD Sumbar Irwan Afriadi Pimpinan DPRD Solsel, Solok dan Kerinci beserta dinas terkait.
    
Menurutnya, kerusakan bukan saja jalan berlubang, melainkan juga jalan amblas. Kerusakan jalan mulai terlihat dari Lubuk Selasih hingga perbatasan Kerinci, Jambi.
    
Sebelumnya, Pemkab Solsel juga telah mengirimkan surat kepada pemerintah provinsi dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar agar segera memperbaiki jalan nasional yang banyak rusak itu.
    
Bupati, Solsel, Muzni Zakaria berharap perbaikan jalan nasional itu bisa selesai sebelum ajang TdS 2017 dihelat. "Kami telah meminta secara lisan maupun tulisan agar perbaikan ruas jalan nasional Lubuk Selasih-Kerinci yang melintasi Solsel dipercepat, dan sudah selesai sebelum ajang TdS," katanya.
   
Ia menambahkan, untuk akses ke Solsel jalan tersebut merupakan satu-satunya dari pusat provinsi. Pada 2016  Solsel batal menggelar TdS karena kondisi jalan yang tidak layak dilalui pebalap. (h/jef)

Foto: Rapat terbatas Pemkab Solsel dengan Dirjen Bina Marga, Kemen PUPR terkait perbaikan akses jalan nasional yang rusak. IST

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]