Kasus Kusta Kota Pariaman di Atas Target Nasional


Kamis, 20 Juli 2017 - 14:21:11 WIB
Kasus Kusta Kota Pariaman di Atas Target Nasional Ilustasi.foto (linisehat.com)

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Secara prevalensi, kasus penyakit kusta di Kota Pariaman di atas target nasional. Target nasional membolehkan 5 kasus per 100.000 penduduk, sementara di Kota Pariaman baru ditemui  7 kasus penyakit kusta, atau 8,4/100.000 penduduk sampai Juli berjalan 2017 ini.

Tingginya kasus tersebut, terungkap dalam  kegiatan advokasi dan  sosialisasi penyakit kusta di Kota Pariaman, Selasa (18/7).

Baca Juga : Ketua TP PKK Siak Bagiakan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir

Kasus penyakit itu berfluktuasi, tahun 2015 ditemui 4 kasus, tahun 2016, 8 kasus dan tahun 2017 sampai juli berjalan baru ditemui 7 kasus penyakit kusta.

Kota Pariaman memang termasuk kota yang low endemis tetapi  itulah kenyataanya kini kasus tersebut diatas target nasional.

Baca Juga : Kasus Karhutla, PT Berlian Mitra Inti Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kepala bidang Pemberantasan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pariaman yang dihubungi Haluan, Rabu (19/7), Hidayat membenarkan dalam 3 tahun terakhir ini terjadi fluktuasi kasus penyakit kusta di Kota Pariaman.

Dari data yang ada di dinas tersebut terhitung dari tahun 2015, 2016 dan 2017, tercatat pucak kasus di tahun 2016, yaitu delapan kasus. Bila dibanding tahun sebelumnya tahun 2015 hanya ada 4 kasus, jelas terjadi kenaikan kasus penyakit kusta pada tahun 2016. Tapi berbanding tahun 2017, turun satu kasus. Sebab di tahun ini sampai Juli berjalan, baru ditemui 7 kasus penyakit kusta di kota pariaman ini.

Catatan data itu kita himpun dari bidan desa yang ada di Kota Pariaman. para bidan itu juga merupakan pemantau terhadap gangguan kesehatan masyarakat yang ada di daerah tugasnya.

Penderita penyakit tersebut sudah dalam pengobatan dan mereka berobat ke puskesmas-puskesmas yang ada. Selain itu diberi latihan untuk menggerakan otot. Penyakit kusta disebabkan oleh kuman mikrobateria leprae dan penyakit ini menyerang syaraf tepi.

Sosialisai hanya bisa dilaksanakan sekali setahun, itu akibat keterbatasan anggaran tetapi dari advokasi dan sosialisasi yang dilaksanakan tersebut kita harapkan bisa berjalan sampai sasaran ke masyarakat.

Kesulitan yang dihadapi, kasus penyakit kusta yang ditemukan itu rata-rata sudah pada stadium cacat dan kondisi ini tentu memerlkukan pengobatan yang lama. (h/tri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]