Cegah Rabies, Pemkab Pessel Sediakan 5.500 Vaksin


Kamis, 20 Juli 2017 - 18:23:45 WIB
Cegah Rabies, Pemkab Pessel Sediakan 5.500 Vaksin Ilustasi/Haluan

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), pada tahun 2017 ini, menyediakan vaksin anti Rabies sebanyak 5.500 vaksin, terhadap hewan peliharaan masyarakat atau yang biasa dibawa untuk berburu (Anjing). Selain itu, Pemprov Sumbar juga membantu sebanyak 6000 vaksin.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Pessel, Hazrita mengatakan, hal itu dilakukan agar masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan, bisa terhindar dari penyakit Rabies, ketika sewaktu-waktu di gigit hewan peliharaan mereka.

"Sejauh ini, kesadaran masyarakat Pessel untuk melakukan vaksin terhadap hewan peliharaannya masih terbilang sangat rendah. Padahal itu sangat penting, minimal dua kali dalam setahun. Terkait hal ini, kita akan gencar melakukan penyuluhan kepada masyarakat, agar selalu waspada terhadap gigitan hewan Rabies," katanya di Painan. Kamis (20/7).

Dijelaskannya, populasi Anjing di Kabupaten Pessel terus saja meningkat setiap tahunnya, hingga kini populasinya sudah mencapai 22 ribu ekor, dan tersebar pada 15 Kecamatan.

"Masyarakat yang terkena gigitan anjing atau hewan semacamnya, hendaknya segera melapor ke dinas terkait untuk mendapatkan penanganan. Setelah itu, hewan tersebut akan ditangkap dan segera dikarantina selama tujuh hari, untuk memastikan apakah ada virus rabies atau tidak. Selain itu, bisa juga dilakukan uji labor dan pengobatan melalui vaksin pada dinas Kesehatan," jelasnya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]