Burung Langka dari Sumbar Ini Dipilih Jadi Maskot HPN 2017


Kamis, 20 Juli 2017 - 18:29:52 WIB
Burung Langka dari Sumbar Ini Dipilih Jadi Maskot HPN 2017 Burung Kuau (foto: alamendah.org)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Rapat bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, menghasilkan keputusan maskot Hari Pers Nasional (HPN) di Padang pada Februari 2018. Maskot yang ditetapkan itu adalah Burung Kuau Raja (Argusianus Argus).

Ketua PWI Sumbar, Heranof, mengatakan, fauna identitas Sumatera Barat itu ditetapkan menjadi maskot HPN setelah mendapatkan persetujuan dari Ketua PWI Pusat, Margiono.

Ia menjelaskan, ada dua pilihan maskot HPN 2018, yakni burung kuau dan ayam kokok balanggek yang diusulkan budayawan dan wartawan Sumbar, Alwi Karmena. Namun, yang dipilih sebagai maskot HPN pada rapat persiapan HPN di Kantor Gubernur Sumbar pada Kamis (20/7) itu adalah burung kuau karena dinilai mewakili simbol pers.

“Burung kuau memiliki suara yang lantang. Filosofi ini dinilai mewakili pers dan mewakili karakter orang Minang,” ujar Heranof.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumbar, Yeflin Luandri mengutarakan, burung kuau dipilih karena sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Sumbar yang tergambar pada pepatah alun takilek alah takalam yang artinya sudah mengetahui apa yang akan terjadi dari membaca sekilas situasi.

“Berdasarkan penelitian, burung kuau bisa mengetahui akan terjadi gempa satu hari sebelum terjadi. Ini sesuai dengan pepatah Minang, alun takilek alah takalam,” tuturnya.

Meskipun sudah ditetapkan sebagai masko HPN, kata Yeflin Luandri, burung kuau belum final secara resmi sehingga perlu penyesuaian pada beberapa bagian, terutama untuk memberikan suasana Minangkabau.

Sementara itu, mengenai logo HPN 2018, desain yang diajukan adalah burung kuau memegang pena (di sebelah kiri) dan logo HPN (di sebelah kanan).

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 07:07:48 WIB

    Waspada..! Virus Flu Burung Kembali Guncang Palembang 

    Waspada..! Virus Flu Burung Kembali Guncang Palembang  PALEMBANG, HARIANHALUAN.COM--Ratusan ayam kampung yang mati mendadak di Kecamatan Kalidoni, Kota Palembang, diketahui mengandung  Virus Flu Burung (H5N1) setelah dinas terkait melakukan uji sampel..
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 21:59:30 WIB

    Hama  Burung Pipit Mengganas, Petani di Pasaman Menjerit!

    Hama  Burung Pipit Mengganas, Petani di Pasaman Menjerit! PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ratusan petani di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengeluhkan gangguan hama burung jenis pipit pemakan padi (spesies Lonchura punctulata dari family Estrildidae) yang populasinya tercatat mening.
  • Ahad, 02 Februari 2020 - 12:13:24 WIB

    Gawat..! Flu Burung Mewabah di Cina saat Kasus Corona Belum Selesai

    Gawat..! Flu Burung Mewabah di Cina saat Kasus Corona Belum Selesai BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pertanian dan Pedesaan Cina melaporkan, wabah flu burung atau virus H5N1 yang sangat patogen terjadi di Provinsi Hunan Cina. Wabah tersebut telah membuat 4.500 ayam mati..
  • Rabu, 03 April 2019 - 17:34:19 WIB

    Bawa Kabur Burung Milik PNS, Pria di Padang Ini Diciduk Warga

    Bawa Kabur Burung Milik PNS, Pria di Padang Ini Diciduk Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM-Diduga akan melakukan pencurian, dengan mengambil burung pelihraan milik warga, seorang pemuda diamankan warga dan diserahkan ke Polsek Padang Selatan, Padang, pada Selasa (2/4)..
  • Selasa, 12 Maret 2019 - 22:39:48 WIB

    Balai Karantina Padang Amankan 11,7 Kg Sarang Burung Sriti di BIM

    Balai Karantina Padang Amankan 11,7 Kg Sarang Burung Sriti di BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Balai Karantina Padang mengamankan 11,7 kg sarang burung sriti yang akan diterbangkan dari Padang menuju Pasuruan, Jakarta Timur (Jatim), di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), pada Selasa (12.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]