Sengketa Tanah Pusako di Pessel, Pihak Bersengketa Sempat Diserang Pakai Golok


Kamis, 20 Juli 2017 - 20:00:35 WIB
Sengketa Tanah Pusako di Pessel, Pihak Bersengketa Sempat Diserang Pakai Golok Ipol alias Dayau (45), menunjukkan bekas benda tajam yang ditebaskan ke papan rumahnya pada saat penyerangan berlangsung.IST
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Salah seorang anggota keluarga yang terlibat cekcok terkait sengketa tanah pusako, di Kampung Lampanjang, Kenagarian Rawang Gunung Melelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Hingga saat ini, mengaku masih trauma akibat kejadian tersebut.
 
Informasi yang diterima Haluan, Kamis (20/7), Ipol alias Dayau (45), salah satu pihak keluarga yang bersengketa, mengaku masih dihantui rasa kecemasan hingga saat ini. Sebab, ia saat itu dikejar menggunakan golok oleh pihak sebelah, hingga menancap di salah satu tiang rumahnya sedalam 15 cm, beruntung tidak mengenai dirinya.
 
"Pada saat kejadian, ia (pelaku) datang kerumah saya dengan nada emosi dan marah-marah. Saya dituduhnya membakar pondok sawah yang dibangunnya. Karena tidak merasa bersalah, saya menanggapinya dengan santai. Namun, ia tetap emosi dan menuduh saya yang membakar pondok tersebut dan akhirnya mengejar dengan golok," ungkapnya.
 
Dari pengakuannya, kejadian tersebut dipicu, karena kedua pihak keluarga saat ini, masih dalam tahap penyelesaian sengketa lahan sawah yang masih sedang proses di pengadilan. Namun, karena adanya pembakaran sebuah pondok sawah, akhirnya pihak keluarga sebelah datang menyerangnya. 
 
"Saya tidak ada membakar pondok Sedan (mamaknya). Tapi saat itu, ia datang dengan seorang temannya, dan langsung marah-marah serta mengeluarkan kata-kata kasar yang menantang. Padahal saya masih keluarganya. (Dayau adalah kemenakan Sedan)," jelasnya.
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 April 2020 - 22:32:08 WIB

    Duh! Sengketa Tanah, Pria 65 Tahun Ini Dianiaya Anggota Dewan dan Rekannya

    Duh! Sengketa Tanah, Pria 65 Tahun Ini Dianiaya Anggota Dewan dan Rekannya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Karena sengketa tanah, seorang warga di Jalan Situjuah III Nomor 17, RT 1 RW 3, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang menjadi korban penganiayaan..
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 18:33:42 WIB

    Penggugat Mangkir, Sidang Sengketa Lahan Pemkab Sijunjung Ditunda

    Penggugat Mangkir, Sidang Sengketa Lahan Pemkab Sijunjung Ditunda SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM- Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Muaro Kabupaten Sijunjung, Noerista Suryawati, SH, MH, terpaksa menunda sidang gugatan perdata sengketa lahan/tanah milik Pemkab Sijunjung..
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 21:54:59 WIB

    Diunggah Laman MK, Inilah Tuntutan Prabowo-Sandi dalam Sengketa Pilpres 2019 

    Diunggah Laman MK, Inilah Tuntutan Prabowo-Sandi dalam Sengketa Pilpres 2019  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Secara resmi Mahkamah Konstitusi (MK)  telah mengunggah permohonan Tim Kuasa Hukum BPN Prabowo-Sandi dalam sengketa Pilpres 2019 yang telah diregistrasi, di laman resmi MK, Selasa petang (11/9)..
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34:00 WIB

    DPD RI Desak Penuntasan Sengketa Lahan PT KAI

    DPD RI Desak Penuntasan Sengketa Lahan PT KAI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI Abdul Gafar Usman mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan sengketa lahan antara PT KAI dengan masyarakat yang terjadi di berbagai daerah. Akar p.
  • Selasa, 17 Oktober 2017 - 12:00:30 WIB
    Tidak Utus Pejabat Berwenang

    Pemko Padang Abaikan Persidangan Sengketa Informasi

    Pemko Padang Abaikan Persidangan Sengketa Informasi Pemko Padang seperti melakukan perlawanan kepada lembaga yang dibentuk oleh UU. KI bukan lembaga ecek-ecek dan tidak lembaga tanpa bentuk, tidak ada alasan badan publik untuk mengindahkan panggilan sidang di KI..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]