Kepala KUA se-Sumbar Ikuti Uji Kompetensi


Selasa, 25 Juli 2017 - 12:39:08 WIB
Kepala KUA se-Sumbar Ikuti Uji Kompetensi

PADANG, HALUAN – Sejak diterbitkannya Permenpan RB Nomor 26 Tahun 2016 Tentang Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing dan PMA No 34 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA, dimana Kepala KUA Kecamatan harus berasal dari penghulu fungsional. Beberapa jabatan struktural sudah mulai disesuaikan ke jabatan fungsional, termasuk di jajaran Kementerian Agama.

Menyikapi hal ini, Senin (24/7) Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Urais dan Binsyar melaksanakan Uji Kompetensi Jabatan Penghulu bagi Kepala KUA Kecamatan non penghulu. Menurut Informasi dari Kasi Kepenghuluan Bidang Urais dan Binsyar, H Edison, sampai hari ini ada 108 dari 173 Kepala KUA Kecamatan se-Sumbar yang non penghulu fungsional .

Uji kompetensi itu, lanjut Edison yang pernah meraih Kepala KUA Teladan Nasional, untuk tahap I yang yang berlangsung hari ini diikuti 85 Kepala KUA Kecamatan non Penghulu, sisanya akan dilaksanakan pada tahap II Agustus mendatang. "Uji kompetensi ini dilaksanakan dalam dua sesi, tes tertulis dan wawancara. Peserta akan diwawancara empat penguji, Pejabat Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI, Kepala Bidang Urais, Kasi Kepenghuluan dan Kasi Pemberdayaan KUA", papar Edison.

Kepala Bidang Urais dan Binsyar H Syamsuir membenarkan bahwa uji kompetensi penghulu bagi Kepala KUA non Penghulu salahsatu syarat bagi Kepala KUA untuk bisa diinpassing ke jabatan fungsional penghulu. "Ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Agama (PMA) no 34 tahun 2016 yang menyatakan bahwa jabatan Kepala KUA bukan lagi jabatan struktural IV/b, tetapi tugas tambahan bagi penghulu fungsional. Ini tantangan baru bagi Kepala KUA se Sumatera Barat. Uji Kompetensi ini salahsatu solusi bagi Kepala KUA non Penghulu untuk inpassing jabatan,” terang Kabid Urais yang sebelumnya Kabid Haji dan Umrah.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Salman K Memed saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa uji kompetensi bagi Kepala KUA non penghulu ini pertama kali dilaksanakan Kemenag se Indonesia. Untuk itu ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada tim dari Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI karena telah memilih Sumatera Barat dan menyempatkan hadir untuk menguji peserta.

"Permenpan RB Nomor 26 tahun 2016 ini ibarat durian runtuh bagi Kepala KUA Kecamatan Non Penghulu. Kenapa tidak, karena Kepala KUA tidak perlu lagi mengajukan usul angka kredit, mengumpulkan bukti fisik, tetap dapat diangkat langsung menjadi penghulu dan jabatan fungsionalnya disesuaikan langsung dengan pangkat hari ini. Sepatutnyalah Kepala KUA non Penghulu berucap syukur,' harap Kakawnil.

Kakanwil juga berharap kepada Kepala KUA untuk bisa mengikuti ujian ini dengan sebaik-baiknya sehingga akan lahir Kepala KUA dan Penghulu Sumatera Barat yang benar-benar teruji dan terukur. "Hal ini tentu akan meningkatkan citra lembaga Kementerian Agama Sumatera Barat secara keseluruhan", harap Kakanwil. (h/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]