Ayo Segera Urus E-KTP, Karena Suket Hanya Berlaku Enam Bulan


Selasa, 25 Juli 2017 - 13:11:30 WIB
Ayo Segera Urus E-KTP, Karena Suket Hanya Berlaku Enam Bulan Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Surat keterangan (Suket) sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) hanya berlaku enam bulan.

Bagi yang memiliki suket segera mengurus untuk penerbitkan e-KTP ke kecamatan masing-masing.

Disdukcapil menerbitkan suket sebagai pengganti e-KTP kepada pemohon ketika blangko e-KTP habis pada September 2016, surat keterangan itu hanya berlaku enam bulan.

Ada 51 ribu warga yang memegang suket di 11 kecamatan. Dari sebanyak itu baru 5 ribu lebih yang sudah mengurus untuk pencetakan e-KTP.

"Jadi kami mengimbau kepada warga pemegang suket itu segera mengurus ke kecamatan untuk mencetak e-KTP-nya.

Jangan ketika terdesak untuk keperluan sesuatu membutuhkan kartu penduduk, lalu tergesa-gesa mengurus penerbitan blangko e-KTP," imbau Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wedistar, didampingi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Padang, Mulfieda Yenti kepada Haluan, Jumat (21/7).

Suket diberikan pada masyarakat yang telah melakukan perekaman data baik di Disdukcapil maupun di kecamatan.

 Sedangkan yang belum melakukan perekaman, tidak bisa mendapat suket. Lantaran untuk mencetaknya disesuaikan dengan database yang ada di pemerintah pusat.

Menurutnya, untuk pencetakan e-KTP tersebut, saat ini tidak ada masalah lagi di Disdukcapil. Sebelumnya dinas tersebut terpaksa memberikan suket kepada warga sebagai pengganti kartu penduduk, karena ketersediaan blangko tersendat dari pusat.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]