Tragis! Daya Tampung RSUD Lubuk Sikaping Terbatas, Pasien Dirawat di Lorong


Selasa, 25 Juli 2017 - 13:41:33 WIB
Tragis! Daya Tampung RSUD Lubuk Sikaping Terbatas, Pasien Dirawat di Lorong KELEBIHAN KAPASITAS - Sejumlah pasien kebidanan di RSUD Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, Senin (24.7) terpaksa harus dirawat di lorong ruangan. YUDI LUBIS

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Daya tampung yang terbatas, mengakibatkan sejumlah pasien kebidanan RSUD Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman terpaksa dirawat inap di lorong-lorong bangsal kebidanan. Itu, akibat ruangan khusus rawatan para pasien baru melahirkan itu penuh sejak tiga hari terakhir.

Dari informasi yang dihimpun dari pihak rumah sakit, ruangan kebidanan disisi timur RSUD itu hanya berdaya tampung 25 orang pasien saja. Terdiri dari ruang Paviliun satu, VIP dua tempat tidur, kelas satu 2 tempat tidur, kelas dua 5 tempat tidur. Selebihnya kelas tiga sebanyak 16 tempat tidur.

Namun, sejak beberapa bulan terakhir, jumlah pasien kebidanan di rumah sakit itu membludak alias alami lonjakan. Tercatat, sejak Jumat (21/7) kemarin, jumlah pasien kebidanan mencapai 32 orang. Sehingga alami over kapasitas sebanyak tujuh orang pasien.

"Sebanyak 32 orang pasien dirawat sejak Jumat kemarin. Namun, Senin (24/7) per hari ini hanya menyisakan 15 orang pasien lagi. Sejak malam hingga pagi tadi, tiga pasien sudah diperbolehkan pulang," kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medis RSUD Lubuksikaping, Dr Rahadian Suryanta Lubis.

Rahadian mengatakan, tidak ada lagi pasien dirawat baik dilorong maupun digang diluar ruangan rawatan. Semuanya, kata dia, sudah kembali normal seiring berkurangnya jumlah pasien.

"Zal kebidanan hanya mampu menampung 25 orang saja. Dua bulan terakhir banyak pasien melahirkan di RSUD, baik normal maupun cesar. Mereka terpaksa dirawat di lorong ruangan kebidanan, bukan dilorong-lorong rumah sakit," katanya.

Rahadian memastikan bahwa tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien di ruangan dan di lorong. Semuanya sesuai standar kaidah pelayanan. Di lorong perawatan tidak ada pengunjung yang berlalu-lalang. Suhu ruangan juga terjaga.

"Tahun depan kita sudah merencanakan membangun ruangan rawat inap lagi. Karena jumlah pasien kebidanan cenderung meningkat," ujar Rahadian.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]