Langka, Harga Garam di Sawahlunto Merangkak Naik 


Selasa, 25 Juli 2017 - 16:26:53 WIB
Langka, Harga Garam di Sawahlunto Merangkak Naik  Kelangkaan garam di salah satu pedagang di Pasar Baru Sawahlunto, membuat harga komoditi ini terus merangkak naik.RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM--Kelangkaan garam yang terjadi disejumlah daerah, juga merambah ke Kota Sawahlunto.

Pantauan Harianhaluan.com, di sejumlah pasar tradisional yang ada, kelangkaan garam mengakibatkan naiknya harga komoditi tersebut.

"Kesulitan pasokan garam sudah mulai terjadi semenjak dua minggu lalu, alasannya pasokam dari daerah pasok garam itu sendiri yang kurang akibat gagal panen," sebut Keke (24) salah seorang pedagang di pasar baru Sawahlunto kepada Haluan,Selasa (25/7).

Kurangnya pasokan garam sebutnya, mengakibatkan naiknya harga garam ditingkat pengecer dan pedagang. Jika biasanya harga garam menengah dibeli dari agen 1 pack isi 10 bungkus seharga Rp 14 ribu, sekarang naik menjadi Rp25 ribu per packnya.

Sedangkan ukuran besar 1 pack isi 10 bungkus garam dibeli seharga Rp35 ribu kini naik menjadi Rp50 ribu."Itu pun jatahnya juga berkurang, jika biasanya disuplay sebanyak 100 pack setiap waktunya, sekarang hanya dapat jatah 60 pack saja. Termasuk garam halus, saat ini sudah tidak ada beredar lagi," sebutnya.

Selain itu sebut Rira (35) pedagang lainnya, kenaikan juga terjadi pada garam balok jika biasanya dijual dengan harga Rp8 ribu kini naik menjadi Rp9 ribu, dan stoknya pun saat sekarang sudah tidak ada karena suplainya yang tidak masuk."Garam karung juga naik signifikan semula Rp1500 perkilo kini menjadi Rp4500," katanya.

Adapun kenaikan harga garam tersebut, hingga saat ini belum berpengaruh terhadap harga jual warung atau kedai makan, Pantauan Haluan, harga jual nasi bungkus masih dikisaran Rp13 ribu  hingga Rp16 ribu per bungkusnya.(h/rki)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 21:23:20 WIB

    Sudahlah Langka, Harga Semen Padang Juga Melonjak Capai Rp80 Ribu

    Sudahlah Langka, Harga Semen Padang Juga Melonjak Capai Rp80 Ribu PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Semen merek Semen Padang mengalami kelangkaan dan harganya naik cukup tinggi di Kota Pekanbaru, Riau. Penjual eceran di toko bangunan Garuda Sakti Makmur, Panam mengatakan harga semen naik dari R.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]