Hidupkan Potensi Wisata Daerah, Pesta Rakyat Paninggahan Sukses Digelar


Selasa, 25 Juli 2017 - 16:57:20 WIB
Hidupkan Potensi Wisata Daerah, Pesta Rakyat Paninggahan Sukses Digelar Kadis Pariwisata dan Pembantu Rektor 1 melepas lomba pacu biduak dalam acara Pesta Rakyat Paninggahan.

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Pesta Rakyat Paninggahan yang digagas oleh Mahasiswa Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Minggu (23/7) di Dusun Muaro, Jorong Subarang, Nagari Paninggahan sukses digelar. Pertunjukan yang mengusung konsep merakyat tersebut akan menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Solok.

Kegiatan yang dimotori oleh Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Sabiduak Art tersebut mendapatkan apresiasi yang bagus dari pemerintah daerah dan warga setempat. Berbagai kegiatan lomba yang dapat menunjang pariwisata dan kebudayaan tersebut berhasil memukai pengunjung dengan berbagai suguhan acara seperti lomba dan pertunjukan seni.

"Pariwisata, kebudayaan dan kesenian merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk menjadikan Solok sebagai destinasi wisata untuk menarik wisatawan, event seperti ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan event berikutnya bagi pemerintah solok, tahun depan kita akan menganggarkan bahwa kegiatan serupa menjadi agenda tahunan Kabupaten Solok" sebut staf ahli Bupati Drs. Aliber Mulyadi  yang didampingi oleh kepala dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Solok Yandra Prasat saat menghadiri kegiatan.

Selain itu, Kadis Pariwisata juga menjelaskan bahwa danau Singkarak merupakan sebuah aset wisata kabupaten Solok yang masih tertidur, dengan adanya kerjasama bersama akademisi seperti ISI Padangpanjang dapat membantu Kabupaten Solok untuk mengembangkan wisata tersebut.

Saat di temui Haluandi ISi Padang Panjang, Selasa (25/4) kemarin, Rektor yang diwakili oleh Pembantu Rektor 1 Ediwar, Ph.D menyebutkan bahwa ISI Padang Panjang siap untuk membantu kabupaten Solok dalam pengembangan Pariwisata dan kebudayaan yang tentunya akan dicantumkan dalam sebuah kesepakatan kerjasama.

"Pesta Rakyat Paninggahan ini merupakan ujian Tata Kelola (manajemen seni)  Mahasiswa Pascasarjana ISI Padang Panjang, mahasiwa dituntut untuk menjadi motor penggerak untuk membuat sebuah event yang langsung berhubungan dan berdampak terhadap masyarakat dan pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini tentu saja bisa menjadi embrio dalam melaksnakan event serupa bagi kabupaten Solok dan masyarakat Paninggahan khususnya" terang Ediwar.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]