Harga Gambir di Pessel Anjlok


Rabu, 26 Juli 2017 - 11:01:39 WIB
Harga Gambir di Pessel Anjlok Seorang petani gambir, Rodi Hermawan (26), di Kecamatan Sutera, saat mengeringkan hambir hasil panennya dan kemudian dijual kepada tangkulak. OKIS MARDIANSYAH

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Gambir di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali mengeluh akibat tidak stabilnya harga komoditas tersebut sejak  beberapa bulan terakhir.

Sejak awal Ramadan lalu, harga gambir cendrung turun terus. Hingga saat ini, harga komoditas itu tidak kunjung stabil dan membuat ekonomi masyarakat setempat semakin sulit.

Seperti diungkapkan Ujang (47), seorang petani gambir di Kecamatan Sutera, kepada Haluan, Senin (24/7). Menurutnya, sebelumnya harga 1 kg gambir di daerah itu mampu mencapai angka Rp55 ribu hingga Rp60 ribu. Bahkan saat tertentu bisa mencapai Rp70 ribu perkilonya.

Namun saat ini, harga gambir turun drastis hingga kisaran Rp38 ribu/kg hingga Rp40 ribu/kg. Padahal biaya yang harus kami keluarkan sekali panen, sangat besar. Seminggu saja mampu menghabiskan biaya Rp1.200,000. Sementara, waktu menunggu panen sekitar tiga minggu," terangnya.

Menurutnya, tidak stabilnya harga gambir tersebut, juga diduga karena permainan sejumlah tangkulak (toke). Akibatnya harga jadi tidak stabil dan tidak sesuai dengan harga di pasaran.

"Informasinya, kalau di Padang harga gambir di pasaran bisa mencapai Rp95 ribu/kg. Kami tidak tahu penyebabnya. Toke di sini membeli gambir dengan harga jauh di bawah harga pasar," sebutnya lagi.

Terkait hal itu, dia sangat berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah. Sebab, kondisi tersebut benar-benar membuat peladang gambir menjadi kewalahan, sehingga sulit untuk memperkerjakan pihak ketiga selaku buruh gambir, karena tuntutan upah yang relatif tidak sebanding.

"Kalau harga gambir tidak naik, bagaimana kami harus membayar upah buruh. Sedangkan untuk kami saja tidak cukup," jelasnya.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 09:36:42 WIB

    Jelang Pertemuan OPEC Plus, Harga Minyak Naik

    Jelang Pertemuan OPEC Plus, Harga Minyak Naik HARIANHALUAN.COM - Harga minyak melonjak pada akhir perdagangan Selasa (2/6), di tengah harapan bahwa produsen minyak mentah setuju memperpanjang pemotongan produksi selama pertemuan melalui konferensi video pada pekan ini. P.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 06:13:14 WIB

    Sembako Meroket, Pemilik Rumah Makan Padang Enggan Naikin Harga

    Sembako Meroket, Pemilik Rumah Makan Padang Enggan Naikin Harga HARIANHALUAN.COM -- Meroketnya harga sembako, belum berdampak terhadap rumah makan Padang di Kota Padang. Salah seorang pengusaha masakan Padang, Mak Etek mengaku, tidak mau menaikkan harga meskipun harga kebutuhan pokok melo.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 06:03:14 WIB

    Harga Pakan Ikan Terus Melejit, Pemilik Kolam Menjerit

    Harga Pakan Ikan Terus Melejit, Pemilik Kolam Menjerit HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah pemilik kolam ikan di Kota Padang mengeluh karena kenaikan harga pakan beberapa bulan terakhir. Akibatnya, mereka terpaksa membeli dan menggunakan pakan ikan rendah protein. Bahkan harganya masih .
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 18:13:23 WIB

    Usai Lebaran, Harga Ayam Potong di Padang Merangkak Naik

    Usai Lebaran, Harga Ayam Potong di Padang Merangkak Naik HARIANHALUAN.COM -- Tingginya permintaan masyarakat terhadap ayam potong usai Lebaran membuat harga komiditas tersebut mengalami kenaikan. Menurut salah satu pedagang, Iwan kenaikan harga selalu terjadi setiap tahun, apalagi .
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 15:35:37 WIB

    Efek Corona Beratkan Dunia Usaha, Apindo: Turunkan Harga BBM, Listrik dan Gas

    Efek Corona Beratkan Dunia Usaha, Apindo: Turunkan Harga BBM, Listrik dan Gas HARIANHALUAN.COM - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), listrik, dan gas untuk industri. Masalahnya, tingginya harga ketiga komoditas itu dinilai memberatka.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]