Lima Provinsi Siaga Darurat Karhutla, BNPB Kerahkan 18 Helikopter


Rabu, 26 Juli 2017 - 21:00:08 WIB
Lima Provinsi Siaga Darurat Karhutla, BNPB Kerahkan 18 Helikopter BPBD SIJUNJUNG

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Titik panas atau hotspot di sejumlah wilayah di Indonesia terus meningkat. Bahkan lima daerah sudah menetaplan status siaga darurat. Dalam rilis dari BNPB yang diterima Harianhaluan.com, pantauan satelit Aqua, Terra, SNNP pada catalog modis LAPAN menunjukkan jumlah dan sebaran titik panas (hotspot) akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus meningkat.

Pada 23/7/2017 terpantau 150 hotspot, kemudian 24/7/2017 sebanyak 170 hotspot dan pada 25/7/2017 meningkat menjadi 179 hotspot. Peningkatan hotspot ini seiring dengan cuaca yang makin kering sehingga hutan dan lahan mudah dibakar. Jumlah hotspot ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015.

Untuk mengantisipasi karhutla dan memudahkan dalam penanggulangan bencana asap akibat karhutla maka 5 provinsi langganan karhuta telah menetapkan status siaga darurat karhutla yaitu Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Penetapan status siaga darurat ini diambil setelah beberapa kabupaten/kota di masing-masing provinsi menetapkan siaga darurat. Satgas terpadu dibentuk dimasing-masing provinsi untuk mengatasi karhutla yaitu satgas darat, satgas udara, satgas pelayanan kesehatan, satgas penegakan hukum dan satgas sosialisasi.

Upaya preventif sudah banyak dilakukan. Namun luasnya wilayah yang harus dijaga dan terbatasnya sarana prasarana menyebabkan karhutla masih terjadi di beberapa daerah. Sebagian besar penyebab karhutla adalah kesengajaan untuk membuka lahan.

Untuk mendukung operasi karhula, BNPB mengerahkan 18 helikopter pemboman air (water bombing). Sebaran dari 18 helikopter tersebut adalah Riau 5 unit, Sumatera Selatan5 unit, Kalimantan Barat 4 unit, Jambi 2 unit, dan Aceh 2 unit. Dua helicopter pemboman air dioperasikan di Aceh menyusul penetapan siaga darurat di Kabupaten Aceh Barat.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Juni 2020 - 13:51:50 WIB

    Wajib Tahu! Ini Lima Makna Lambang Garuda Pancasila

    Wajib Tahu! Ini Lima Makna Lambang Garuda Pancasila HARIANHALUAN.COM - Setiap tahunnya tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Pancasila yang menjadi dasar negara ini memiliki lima lambang. Berikut makna lima lambang di Garuda Pancasila..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 19:44:39 WIB

    Perkosa Wanita Lansia, Pria Muda Divonis Lima Tahun Penjara

    Perkosa Wanita Lansia, Pria Muda Divonis Lima Tahun Penjara HARIANHALUAN.COM - Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhkan vonis lima tahun penjara terhadap Abraham Apono (34), terdakwa pemerkosa seorang wanita lanjut usia (lansia) di Desa Porto, Kecamatan Saparua, Kabupaten Mal.
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 09:21:12 WIB

    Din Syamsuddin: Iuran BPJS Naik Bentuk Kezaliman Nyata

    Din Syamsuddin: Iuran BPJS Naik Bentuk Kezaliman Nyata HARIANHALUAN.COM - Kenaikan iuran BPJS Kesehatan terus menuai pro kontra. Salah satunya datang dari cendikiawan muslim Din Syamsuddin, ia menilai kenaikan iuran itu merupakan salah satu wujud sikap zalim pemimpin pada rakyatn.
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 17:50:57 WIB

    10 Ribu Warga Terdampak Corona di Limapuluh Kota Bakal Menerima Bantuan

    10 Ribu Warga Terdampak Corona di Limapuluh Kota Bakal Menerima Bantuan Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang nyaris tak berdaya menghadapi dampak penyebaran wabah virus corona atau covid-19, bakal dapat bantuan dari Muhammad Rahmad berkerjasama dengan pedagang pasar dan pajak melalui gelar ke.
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 09:46:51 WIB

    Eks Panglima TNI Jenderal Purn Djoko Santoso Meninggal Dunia

    Eks Panglima TNI Jenderal Purn Djoko Santoso Meninggal Dunia Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso meninggal dunia. Djoko menghembuskan napas terakhir setelah sempat dirawat beberapa hari pasca-operasi karena pendarahan di otak..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]