Jelang Penggusuran di Bukittinggi, PT KAI Dilaporkan ke DPR RI


Kamis, 27 Juli 2017 - 12:46:46 WIB
Jelang Penggusuran di Bukittinggi, PT KAI Dilaporkan ke DPR RI Ilustasi/Haluan

“Kedatangan ke DPR RI adalah bagian dari perjuangan melawan kebijakan PT KAI Divre II Sumbar yang tidak pro rakyat. Kami bukan warga liar, yang menempati lahan tersebut tanpa prosedur yang jelas” Kumar Z Chan, Ketua Opakai.

 

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Perlawanan terhadap rencana penggusuran oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumbar, terus digelorakan warga Stasiun, Bukittinggi. Tak putus dengan berdiplomasi, warga akhirnya melaporkan semua permasalahan ke tiga lembaga negara.

Ketiga lembaga yang didatangi, yakninya Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM), Ombubudsman dan DPR RI, Rabu (26/7). Saat mendatangi DPR RI, warga Stasiun Bukittinggi diterima Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon dan anggota DPR RI asal Sumbar, Suir Syam.

“Kedatangan ke DPR RI adalah bagian dari perjuangan melawan kebijakan PT KAI Divre Sumbar yang tidak pro rakyat. Kami bukan warga liar, yang menempati lahan tersebut tanpa prosedur yang jelas,” ungkap Ketua yang tergabung dalam Pengurus Organisasi Penyewa Aset Kereta Api Indonesia (Opakai), Kumar Z Chan.

Kumar berkali-kali menjelaskan, warga dari dulu sebenarnya legowo saja, jika aset mereka yang berdiri di lahan milik PT KAI, digusur, untuk revitalisasi jalur kereta api, Padang – Payakumbuh. Nan tidak bisa diterima warga, adanya dugaan, rencana pembangunan hotel, di lahan yang sekarang mereka tempati.

“Kalau pengaktifan kembali jalur kereta api, kami dukung. Tapi, untuk hotel, jelas kami menolak,” papar Kumar.

Dalam pertemuan, dijelaskan Kumar, Wakil ketua DPR RI, Fadli Zon yang merupakan putera Minang, memberikan pertahian khusus dan menjadi atensi.

Alhamdulilah, perjuangan kami ke pusat untuk memperjuangkan nasib warga dalam mencari keadilan, terkait penggusuran yang bakal dilakukan oleh PT KAI akhir bulan ini, mendapat tanggapan dan perhatian khusus dari tiga lembaga negara, termasuk DPR RI,” ujar Kumar Z chan kepada Haluan.

Dalam pertemuan, Fadli Zon meminta, PT KAI untuk mengkaji dengan dalam, rencana reaktivasi. Bagaimana juga, pembangunan yang dilakukan harus memberikan dampak yang baik kepada masyarakat.

“Semuanya harus bertujuan baik kepada masyarakat. Jangan pula, reaktivasi memberikan dampak buruk pada masyarakat. Menjadikan masyarakat sengsara,” tutur Fadli Zon, yang disampaikan Kumar kepada Haluan.

Dalam Pasal 33 UUD 1945, terang Fadli Zon, bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya harus digunakan sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Bukan hanya dikuasai oleh orang-orang yang mempunyai kekuasaan.

Oleh sebab itu, pembangunan reaktivasi jalur kereta api harus memberikan dampak yang baik,” lanjutnya lagi.

Setelah dilakukan diskusi dan mediasi kata Kumar, Fadli Zon meminta kepada PT KAI untuk terlebih dahulu bermusyawarah dengan masyarakat terdampak sehingga tidak ada pihak pihak yang dirugikan.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 23:14:41 WIB

    Kira-kira Apa Ya? China Mau Bikin Gempar Dunia Jelang Idul Adha

    Kira-kira Apa Ya? China Mau Bikin Gempar Dunia Jelang Idul Adha HARIANHALUAN.COM - China mau membuat gempar dunia menjelang Hari Raya Idul Adha. Seperti diketahui, Idul Adha tahun ini jatuh pada 31 Juli. Badan Antariksa, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China (China Aerospace Science and Te.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 15:27:27 WIB

    PM Belanda Tak Besuk Ibu yang Sakit Hingga Jelang Ajal saat Pandemi Covid-19

    PM Belanda Tak Besuk Ibu yang Sakit Hingga Jelang Ajal saat Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri Belanda Mark Rutte tidak membesuk sang ibu yang berusia 96 tahun selama lebih dari delapan pekan hingga beberapa jam sebelum meninggal bulan ini lantaran karantina wilayah, menurut kantornya.
  • Sabtu, 14 September 2019 - 22:13:02 WIB

    Jelang Balap F1, Kabut Asap Duluan Sampai di Singapura

    Jelang Balap F1, Kabut Asap Duluan Sampai di Singapura SINGAPURA, HARIANHALUAN.COM-Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Indonesia berpengaruh pada kualitas udara Singapura. Indikator udara di negara pulau itu menunjukkan status tidak sehat untuk pertama kalinya d.
  • Senin, 27 Mei 2019 - 20:20:17 WIB

    Jelang Lebaran, DPRD Sumbar: Waspadai Beredarnya  Uang Palsu

    Jelang Lebaran, DPRD Sumbar: Waspadai Beredarnya  Uang Palsu PADANG,HARIANHALUAN.COM- Jelang lebaran yang tinggal menghitung hari, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Endarmy meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kriminalitas yang akan merugikan. Salah satunya terkait a.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 19:27:32 WIB

    Beraksi Jelang Sahur, Pencuri HP Babak Belur Dihajar Massa

    Beraksi Jelang Sahur, Pencuri HP Babak Belur Dihajar Massa PADANG, HALUAN—Kepergok melakukan pencurian, Alqisius Talqi (25) babak belur dihakimi massa. Perbutannya itu diketahui masyarakat saat melakukan aksinya di salah satu rumah warga di RT 003 RW 004, Seberang Palinggam, Kecama.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]