Relokasi Incinerator RS Adnan WD Payakumbuh Diprotes


Kamis, 27 Juli 2017 - 13:07:11 WIB
Relokasi Incinerator RS Adnan WD Payakumbuh Diprotes Ilustasi/Air Quality News

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Rencana Rumah Sakit Umum Adnan Wd Kota Payakumbuh merelokasi  incinerator (alat pembakaran limbah medis) ke lokasi yang baru, di Kelurahan Padang Karambia, Payakumbuh Selatan ditolak warga. 

Mereka khawatir, aktifitas incinerator seperti gas buang yang mengandung racun bisa  berdampak terhadap kesehatan masyarakat Kelurahan Padang Karambia. Padahal, sebelum ada wacana tersebut,  Kelurahan Padang Karambia sudah menjadi lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Regional Sumbar.

Setidaknya, hampir 200 ton sampah dari 5 daerah dibuang ke Kelurahan Padang Karambia setiap harinya.  Seperti  Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

“Cukup daerah kami untuk pembuatan sampah saja. Jangan sampai jadi tempat pembakaran limbah medis. Karena limbah medis ini jauh berbahaya dari sampah biasa,”terang A Dt Lelo Angso bersama 4 tokoh masyarakat Padang Karambia lainnya.

Ketakutan akan tercemarnya Padang Karambia oleh zar beracun dan berbahaya  dari limbah golongan B-3 tersebut, itu dasar masyarakat setempat menolak dijadikannya Kelurahan Padang Karambia sebagai lokasi pembakaran limbah medis.

“Persoalan tentang TPA Sampah Regional saja belum tuntas diselesaikan pemerintah ditambah lagi dengan adanya incinerator di kampung kami. Kami takut, kampung kami akan tercemar, kami takut ini berdampak kepada kesehatan keluarga, anak kemenakan kami nantinya.   Kalau pemerintah terus mengotot, kami akan beraksi lebih keras lagi untuk menolaknya relokasi incinerator kesini,”tegas A Dt Lelo Angso.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]