Relokasi Incinerator RS Adnan WD Payakumbuh Diprotes


Kamis, 27 Juli 2017 - 13:07:11 WIB
Relokasi Incinerator RS Adnan WD Payakumbuh Diprotes Ilustasi/Air Quality News

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Benni Warlis mengatakan, pihaknya akan menyampaikan secara detail persoalan tersebut ke masyarakat Kelurahan Padang Karambia. “Ini kan masih rencana, sehingga masyarakat belum paham betul dengan persoalan tentang incinerator ini. Ke depan, persoalan ini akan disosialisasikan ke masyarakat,”terang Benni Warlis.

Dari kajian dalam perencanaan pemindahan saat ini, lokasi untuk incinerator di Kelurahan Padang Karambia terbilang aman dan tidak menganggu kepada masyarakat. “Untuk kajian teknis, minimal jarak incinerator dari pemukiman penduduk setidaknya 30 meter. Pada lokasi baru, jarak ini cukup aman,”ucap Sekda lagi.

Rencananya, incinerator itu dibangun pada komplek TPA Sampah Regional Sumbar. “Lokasi TPA ada 17 hektare. Incinerator dibangun dalam kawasan ini dan jauh dari pemukiman penduduk. Ini juga perlu sosialisasi serius kepada masyarakat,”ucap Benni Warlis lagi.

Sebelumnya, Kepada Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman mengatakan, incinerator RSUD Adnan Wd Payakumbuh yang ada saat ini, tidak layak untuk dioperasikan. Hal itu menyangkut, lokasi yang ada saat ini berada di kawasan padat penduduk sekitar rumah sakit. Sehingga, demi lingkungan dan aspek kesehatan masyarakat, incinerator yang ada saat ini perlu untuk direlokasi ke tempat yang baru. (h/ddg/ang)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]