Angka Kemiskinan di Padang 5,02 Persen


Kamis, 27 Juli 2017 - 13:16:40 WIB
Angka Kemiskinan di Padang 5,02 Persen Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Jumlah penduduk Kota Padang saat ini lebih kurang 902.413 jiwa. Jumlah yang besar di satu sisi merupakan potensi SDM yang potensial, namun bila tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat justru akan menambah beban kerja pemerintah daerah.
"Angka kemiskinan Kota Padang lebih kurang 5.02 persen, sangat perlu menjadi perhatian kita dan tantangan kedepan bagaimana meningkatkan kesejahteraan,"ujar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Muji Susilawati kepada Haluan,
kemarin.

Dikatakan Muji, penanganan kemiskinan harus dilaksanakan secara terpadu oleh seluruh instansi atau lembaga baik pemerintah maupun swasta serta masyarakat itu sendiri.

Agar penanganan ini bisa optimal harus diperhatikan kondisi masyarakatnya, dan harus mencakup aspek sikap mental, kesempatan berusaha dan permodalan.

Dilanjutkannya pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan penanganan angka kemiskinan tidak hanya melalui pembatasan jumlah kelahiran tetapi juga mencakup peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Perlunya menggalakan lagi program KB disemua tingkatan baik kecamatan, kelurahan sampai tingkat yang lebih rendah RT/RW,”ujarnya.

Disebutkan Muji sangat perlu meningkatkan kerjasama untuk mengatasi penanganan kemiskinan. Sebab tanpa kerjasama tentunya hal ini akan sulit untuk tercapai.

Apalagi kondisi kependudukan saat ini baik dala arti kuantitas maupun kualitas menjadi tantangan yang sangat berat bagi pembangunan. (h/mg-mel)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]