Minta Keringanan Hukuman, Bapak dan Anak Menangis di Persidangan


Kamis, 27 Juli 2017 - 13:22:13 WIB
Minta Keringanan Hukuman, Bapak dan Anak Menangis di Persidangan Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dua terdakwa Arwin dan Bayu Satria pada kasus penganiayaan berujung kematian, diberikan kesempatan mengajukan pembelaan pribadi dalam persidangan di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Padang, kemarin (26/7).

Dalam sidang yang beragendakan pembacaan pembelaan (pledoi) itu, kedua terdakwa yang merupakan bapak dan anak ini menangis di depan majelis hakim dan memohon untuk diberi keringanan hukuman.

“Saya mohon kepada majelis untuk memberi keringanan hukuman, mengingat saya masih memiliki tanggungan terhadap istri dan anak,” kata terdakwa Bayu Satria sambil menangis hingga membuat suasana sidang menghening seketika.

Terdakwa Bayu mengatakan kalau ia tidak ikut melakukan pembunuhan terhadap korban Rizki (16), sebab di lokasi saat itu tidak ada saksi satupun yang melihat pemukulan yang dilakukan oleh dirinya.

Pembelaan pribadi juga datang dari terdakwa Arwin yang merupakan ayah kandung dari Bayu Satria. Ia mengungkapkan rasa penyesalan atas meninggalnya Rizki akibat pemukulan yang ia lakukan. Ia berharap diberi keringanan hukuman, karerena saat kejadian terdakwa mengaku terpaksa memukul untuk membela diri.

“Sebelumnya saya sudah berupaya meminta maaf kepada pihak keluarga korban, namun mereka tidak mau menerima. Saat ini saya masih menjadi tulang punggung terhadap 4 orang anak. Mohon diberi keringanan hukuman,” Kata Arwin dalam pembelaannya.

Sementara itu, Penasehat Hukum (PH) kedua terdakwa Erial mengatakan, terdakwa Bayu Satria tidak terbukti secara sah melakukan tindakan pidana sebagaimana yang tertuang didalam dakwaan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut umum (JPU) kepadanya.

Ia juga menyatakan, terdakwa Bayu bebas dari segala tuntutan hukum (Vrijspraak) atau lepas dari segala tuntutan (Oslag Van Alie Recthts Vervolging).

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]