Rawan Lakalantas dan Kejahatan, Pemkab Pasaman Pasang CCTV di Jalan Protokol


Kamis, 27 Juli 2017 - 13:43:39 WIB
Rawan Lakalantas dan Kejahatan, Pemkab Pasaman Pasang CCTV di Jalan Protokol Ilustasi.NET

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Alasan keamanan dan pencegahan aksi kejahatan dan kriminal, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pasaman, berencana memasang kamera pengawas alias CCTV disejumlah titik disepanjang Jalan Sudirman, Lubuksikaping.

Menurut Kepala Bidang Teknologi Informatika (TI) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman, Budi Cindekia Putra mengatakan, pihaknya berencana memasang 8 unit CCTV. Namun, yang sudah terpasang baru 6 unit disejumlah titik jalan protokol.

"Tapi saat ini baru aktif 6 unit CCTV. Mudah-mudahan seminggu kedepan, pas saat launching Pos Polantas, depan PU, ke delapan CCTV itu udah aktif," kata Budi.

Ia menyebutkan, lokaso pemasangan kedelapan unit camera pengawas itu, mulai dari simpang kantor Pos, persimpangan kantor Dinas Pekerjaan Umum, simpang SMA 1 Lubuksikaping, simpang Pauh-Teluk Embun.

"Selanjutnya, dipersimpangan Cubadak Gadang dan disimpang Kampung Taji, persis depan showroom CV Boy," katanya.

Ia menambahkan, peangaktivan ke delapan camera pengawas (CCTV) milik Dinas Kominfo itu akan diresmikan langsung oleh Bupati Pasaman, pada 30 Juli mendatang, bersamaan dengan launcing Pos Polantas ditengah kota tersebut.

“Lokasi-lokasi tersebut merupakan daerah yang dinilai rawan lakalantas dan kejahatan atau tindak kriminal, sehingga dengan adanya CCTV dapat membantu menjaga kondusifitas wilayah perkotaan," tandasnya.

Dijelaskan Budi, program pemasangan CCTV tersebut untuk melengkapi media center yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika, yang mana aplikasinya nanti dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Sekarang ini, kata Budi, teknologi sudah berkembang dengan pesat dan pemasangan CCTV untuk media pengawasan bukan hal baru lagi. Bahkan, kata dia, pemasangan CCTV merupakan hal penting karena banyak sekali manfaat yang diperoleh dari pemasangan CCTV ini.

"Kemajuan teknologi saat ini membuat kamera ini tidak hanya untuk memantau secara langsung lewat monitor, tetapi sudah dilengkapi system perekam kamera CCTV, yang memiliki banyak manfaat," ujarnya.

Pihaknya, kata dia, juga akan memasang CCTV dilokasi lainnya secara bertahap. Hingga seluruh wilayah Lubuksikaping dan kecamatan lainnya dapat terpantau dan diawasi langsung dengan camera pengawas.

"Pemasangan CCTV di ruang publik, dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, juga membantu pihak kepolisian memantau arus lalulintas dan tindak kejahatan lainnya dari CCTV ini," katanya.

Salah seorang warga, Daulay beranggapan pemasangan camera pengawas (CCTV) memiliki banyak manfaat. Sebab, kata dia, banyak aksi kejahatan di kota-kota besar terbongkar karena terekam CCTV.

"Jika ini diterapkan di Pasaman, alangkah baiknya. Banyak manfaat dari cctv ini. Selain untuk mencegah aksi kejahatan juga untuk memantau kelancaran arus lalu lintas," katanya.

Ia berharap, pemkab setempat menambah lagi titik pemasangan CCTV tersebut dan tidak terpusat di Kota Lubuksikaping saja, melainkan menyasar ke sejumlah kecamatan.

"Kalau bisa jalan-jalan yang rawan ditiap kecamatan juga dipasangi CCTV," pintanya. (h/mg-yud)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:54:06 WIB

    Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan

    Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Cegah terjadinya kebocoran anggaran, Pemerintah Kabupaten Pasaman, terus mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalitas bendaharawan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)..
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 12:29:34 WIB

    Irfendi Arbi Ingatkan Luak Limopuluah Masih Rawan Bencana

    Irfendi Arbi Ingatkan Luak Limopuluah Masih Rawan Bencana LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Meski kejadian bencana alam di Kabupaten Limapuluh Kota menunjukan penurunan, namun daerah ini masih terbilang rawan bencana. Menyikapi kondisi ini, semua pihak terkait harus tetap waspada..
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 13:49:48 WIB

    Pasaman Rawan Bencana, 3.000 Personel Gabungan Disiagakan

    Pasaman Rawan Bencana, 3.000 Personel Gabungan Disiagakan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 3.000 personel dari berbagai unsur di Kabupaten Pasaman disiagakan untuk menghadapi bencana alam. Mengingat daerah ini rawan akan bencana banjir, tanah longsor maupun gempa bumi. .
  • Jumat, 05 Mei 2017 - 01:54:31 WIB

    Sekolah Banyak Titik Rawan Pungli

    PAYAKUMBUH, HALUAN- Pemberantasan pungutan liar semakin gencar dilaksanakan pasca dilantiknya tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Januari silam oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Salah satu upaya dari Tim Saber Pu.
  • Jumat, 24 Februari 2017 - 09:57:33 WIB

    Jembatan Gantung di Tapus Utara Dinilai Rawan

    Jembatan Gantung di Tapus Utara Dinilai Rawan PASAMAN, HALUAN--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta jembatan gantung penghubung di Tapus Utara, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, segera diperbaiki sebelum menimbulkan korban jiwa. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]