Andree Algamar, Birokrat Revolusioner Kota Padang yang Gemar Sekolah


Kamis, 27 Juli 2017 - 17:54:21 WIB
Andree Algamar, Birokrat Revolusioner Kota Padang yang Gemar Sekolah Andre Algamar

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah daerah saat ini memiliki keleluasaan untuk melakukan inovasi. Berbagai langkah strategis pemimpin daerah tidak akan berhasil tanpa birokrat yang mumpuni.

Andree Algamar, penerima penghargaan lurah berprestasi Nasional 2010, berbagi pengalamannya bertugas di Pemeritah Kota Padang.

"Menjadi birokrat tentunya akan terikat berbagai aturan dan prosedur. Bukan berarti kita tidak bisa melakukan langkah-langkah kreatif untuk kemaslahatan bersama. Di sini, tantangan utama Kami bekerja di pemerintahan," ujar Andree saat dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (27/7)

Ketika menjadi Kepala Satpol PP Kota Padang, langkah revolusionernya mengubah cara kerja bawahannya sempat menjadi buah bibir. Andree meminta semua jajaran polisi sipil tersebut melepaskan senjata yang biasa digunakan dalam penertiban.

"Waktu itu, saya meminta semua pisau dan pentungan harus dimasukan ke gudang semua. Satpol PP harus mampu mengedepankan dialog. Pemerintah harus mendidik masyarakat, bukan malah mengancam atau menakut-nakuti. Jangan modal otot, tetapi juga kepercayaan masyarakat. Itu keyakinan saya," tutur Alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri itu.

Meski awalnya langkah revolusioner tersebut mendapat keraguan dari berbagai pihak, Andree terus menjalankan metodenya tersebut dengan konsisten. Secara mengejutkan, pasukan tanpa senjatanya berhasil menertibkan kawasan Pantai Padang.

"Saya yakin orang Padang itu sangat mengedepankan dialog. Kita ini suku bangsa yang sudah terbiasa berdiskusi, bukan yang diperintah-perintah. Kami temui satu per satu orang yang menolak penertiban. Ternyata, hasilnya sangat memuaskan, kami dapat dukungan publik yang besar untuk menyelesaikan tugas," ucapnya.

Selain itu, Andree juga meyakini keberhasilan pemimpin Padang sangat ditentukan dari dukungan publik untuk terlibat dalam berbagai pelaksanaan program.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]