Jangan Pilih Pengembang  Perumahan Tanpa Organisasi


Jumat, 28 Juli 2017 - 22:36:13 WIB
Jangan Pilih Pengembang  Perumahan Tanpa Organisasi Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Real Estat Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sumatra Barat (Sumbar) mengutuk keras pengembang perumahan yang menipu masyarakat karena mencoreng nama pengembang perumahan yang serius menjalankan bisnis. Hal tekait dengan seorang pengembang perumahan yang ditangkap Polres Padang pada Kamis (27/7) dini hari.

Ketua Apersi Sumbar, Ramal Saleh, mengatakan, atas kasus tersebut, ia meminta masyarakat tidak memilih pengembang perumahan yang tidak bergabung dalam organisasi pengembang perumahan karena tidak ada jaminan kepastian dari pengembang seperti itu.

“Masyarakat seharusnya mempertanyakan terlebih dahulu pengembang yang menawarkan rumah. Tanyakan apakah dia masuk organisasi. Kalau masuk organisasi, tanyakan kartu anggotanya. Pengembang yang ditangkap polisi kemarin itu tidak masuk organisasi apa pun, baik REI maupun Apersi,” ujarnya di Padang, Jumat (28/7).

Sementara itu, kepada pemerintah daerah, Ramal Saleh sebagai ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar meminta untuk tidak mudah saja memberikan izin kepada pengembang yang tidak jelas. Ia mengatakan, jangan sampai kemudahan memberikan izin dari pemda dimanfaatkan oleh pengembang tidak bertanggung jawab sehingga merugikan masyarakat.

Pengembang yang tergabung dalam organisasi, kata Ramal Saleh, pengembang tersebut sudah diseleksi izin usahanya oleh organiasi. Dengan demikian, pengembang itu bisa dipercaya karena organisasi akan mengontrolnya.

“Apabila pengembang yang tergabung dalam organisasi melakukan penipuan kepada masyarakat, dia akan dipecat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua REI Sumbar, Hendra Gunawan, mengapresiasi Polresta Padang yang sudah mengungkap kasus tersebut karena pengembang itu adalah oknum yang bukan termasuk anggota REI.

“Apabila ada pengembang yang ingin jadi anggota REI, kami menggingatkan supaya pengembang itu berusaha mematuhi aturan hukum yang berlaku agar tidak merugikan orang lain, terutama konsumen,” ujarnya melalui pesan WhatsApp.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]