SERING MANGKIR, YUSAFNI AJO DITAHAN

Bareskrim Kejar Penikmat Uang SPj Fiktif


Sabtu, 29 Juli 2017 - 11:02:24 WIB
Bareskrim Kejar Penikmat Uang SPj Fiktif Yusafni (berkepala plontos) saat menjalani pemeriksaan di BPK RI Sumbar Akhir Januari lalu. DOKUMEN

"Dari keterangan saksi dan tersangka, katanya ada aliran dana ke pihak lain. Namun, kami tidak bisa sebutkan sekarang, kepada siapa dana itu mengalir” Kombes Pol Endar Priantoro, Kasubdit IV Dit Tipikor Bareskrim.

PADANG,     HARIANHALUAN.COM – Tersangka kasus dugaan korupsi dengan modus pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPj) fiktif di lingkungan Pemprov Sumbar, Yusafni Ajo yang ditahan Kamis (27/7), rupanya bernyanyi di Bareskrim Polri. Kepada penyidik, Yusafni menyebut, uang hasil dugaan korupsi yang dikelolanya dibagi ke sejumlah orang.

Pernyataan Yusafni itu seakan membuka tabir baru dalam pengusutan kasus ini. Sebelumnya, baik Yusafni dan Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar bersikukuh kalau dana korupsi yang mencapai Rp43 miliar lebih itu, dipakai sendiri oleh Yusafni, mantan Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan pada pengadaan tanah untuk pembangunan infrastruktur strategis pada Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman (Prasjaltarkim) Provinsi Sumatera Barat. Nyanyian Yusafni juga menyiratkan, akan adanya tersangka baru.

Kepala Subdit IV Direktorat Tindak Pidana Korupsi, Bareskrim Polri, Kombes Pol Endar Priantoro membenarkan kalau Yusafni bernyanyi. "Dari keterangan saksi dan tersangka, katanya ada aliran dana ke pihak lain. Namun, kami tidak bisa sebutkan sekarang, kepada siapa dana itu mengalir,” terang Kombes Pol Endar, Jumat (28/7) pagi.

Ketika didesak wartawan, siapa-siapa saja yang menerima aliran dana. Endar tetap bersikukuh tidak menyebutkannya. Namun, dia mengatakan, ada banyak orang yang menikmati dana dugaan korupsi itu. Yusafni bukan pemain tunggal. “Sesuai keterangan tersangka, banyak yang ikut menikmatinya. Kebanyakan itu dari Dinas Prasjaltarkim,” sebut Endar.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 07 Mei 2018 - 12:27:11 WIB

    Hari Ini Yusafni Dituntut, Bareskrim Buru Penikmat Uang SPj Fiktif 

    Hari Ini Yusafni Dituntut, Bareskrim Buru Penikmat Uang SPj Fiktif  Praktik bagi-bagi uang dalam kasus korupsi Surat Pertanggungjawaban (SPj) fiktif, agaknya bukan ocehan semata. Penyidik Bareskrim Polri bahkan sedang mengidentifikasi nama-nama orang yang turut serta menerima uang panas terse.
  • Rabu, 02 Mei 2018 - 10:40:42 WIB

    Bareskrim Sita Pagar Rel KAI, Basko : Keadilan Masih Ada

    Bareskrim Sita Pagar Rel KAI, Basko : Keadilan Masih Ada JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—H Basrizal Koto mengapresiasi tindakan Tim Bareskrim Mabes Polri menyita pagar rel kereta api yang dipasang pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumbar di areal Hotel dan Mall Basko. .
  • Senin, 30 April 2018 - 12:30:46 WIB

    Eksekusi Melanggar Hukum di Basko Mall dan Hotel, Bareskrim Sita Pagar Rel Kereta Api 

    Eksekusi Melanggar Hukum di Basko Mall dan Hotel,  Bareskrim Sita Pagar Rel Kereta Api  PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Bareskrim Mabes Polri menyita pagar rel kereta api yang dipasang pihak PT KAI Divre II Sumbar di areal Hotel dan Mall Basko. Penyitaan yang berlangsung Jumat dan Sabtu (27-28/4), sebagai tinda.
  • Senin, 12 Februari 2018 - 18:58:41 WIB

    Perusakan Hotel dan Mal Basko Bareskrim Periksa Belasan Saksi

    Perusakan Hotel dan Mal Basko Bareskrim Periksa Belasan Saksi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Bareskrim Mabes Polri, Sabtu (10/2) menuntaskan tugasnya di Padang terkait laporan penyerobotan dan perusakan Basko Hotel dan Basko Grand Mall. Dalam Waktu dekat, pemeriksaan saksi dan terlap.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 10:04:03 WIB
    TINDAKLANJUTI LAPORAN BASKO, TIM MABES TURUN KE PADANG

    Bareskrim Gelar Pemeriksaan Maraton

    Bareskrim Gelar Pemeriksaan Maraton PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Bareskrim Mabes Polri akhirnya turun ke Padang untuk menindaklanjuti laporan eksekusi di luar batas yang dilayangkan pengusaha Basrizal Koto (Basko). Tim yang dipimpin AKBP Ruslan Abdul Rasyid.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]