Minggu, Rang Agam Makan Bajamba dengan Daun Pisang


Sabtu, 29 Juli 2017 - 11:06:27 WIB
Minggu, Rang Agam Makan Bajamba dengan Daun Pisang Ilustasi makan bajamba/ foto Minangkabaunews

Untuk konsumsi misalnya, kita menggunakan makan bajamba dengan daun pisang. Konsepnya tidak seperti makan bersama lazimnya. Namun, makan bajambanya mengelompok dan tiap kelompok ada 5 sampai 6 orang. Artinya, makan bersamanya tidak pakai piring dengan pola gala diner yang biasa dilakukan selama ini.

Selain pola konsumsi yang berbeda, format lokasi acara juga disetting tampil beda. Panitia menguyapakan tidak pakai kursi. Namun, duduak barapak beralas tikar (karpet-red). Hikmah yang ingin diambil melalui konsep duduak barapak ini adalah rang Agam dan Bukittinggi di Kota Padang sama. Kita coba menghilang strata sosial dan embel embel lainya. Intinya, kita bersaudara dan sama sama bertanggung jawab memajukan Kota Padang sabagai daerah tempat tinggal kita dan Agam serta Bukittinggi sebagai kampung halaman.

"Sesuai roundown acara, kegiatan akan dimulai dari pukul 08.00 WIB (registrasi) dan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan seremoni dan penampilan seni tradisi. Kegiatan seremomi ini akan berlangsung sampai siang dan memasuki waktu Zuhur istirahat. Setelah Zuhur seluruh komsumsi siap dan makan bajamba dimulai," ujar Barlius.

Barlius mengatakan, dari evaluasi secara rutin yang dilakukan untuk peserta diperkirakan hadir lebih kurang 4000 an. Jumlah peserta ini selain datang dari seluruh warga Agam dan bukittinggi di Kota Padang dan pengurus juga akan hadir wali nagari se Kabupaten Agam dengan aparaturnya, perwakilan Pemda Agam, tokoh masyarakat Agam di ranah dan di rantau.

Sejumlah tokoh juga sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir. Seperti Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal (dewan pertimbangan), Anggota DPD RI Leonardi Harmainy, Zuiyen Rais. Seluruh anggota DPRD Sumbar dari Agam dan Bukittinggi dan beberapa tokoh lainnya.

Organisasi yang terhimpun dalam KKA seperti organisasi kecamatan dan kanagarian rang Agam yang ada di Kota diharapkan juga hadir.  Untuk meramaikan acara, pantia juga sudah menyiapkan beberapa hadiah doorprize menarik. (rel/met)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]