Belasan Rumah dan Kios Terbakar di Dharmasraya


Sabtu, 29 Juli 2017 - 23:58:13 WIB
Belasan Rumah dan Kios Terbakar di Dharmasraya api yang membakar rumah dan kios di Nagari IV Koto, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (29/7) pukul 19.00 WIB. Badri

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM—Belasan rumah dan kios terbakar di Nagari IV Koto, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (29/7) pukul 19.00 WIB. Api yang cepat membesar tersebut membuat warga panik Banyak barang-barang berharga tidak bisa diselamatkan.

Sigulambai semakin mengamuk karena rumah dan kios sebagian terbuat dari kayu. Sehingga api cepat merambat ke rumah lainnya.

“Api terlihat oleh warga setelah maghrib, ada yang teriak kebakaran. Mendegar itu, semua warga berlarian berusaha menyelamatkan barang berharga. Tapi banyak tidak berhasil karena apicepat membesar,” terang  Anim (30) kepada Harianhaluan.com.

Menurut Wali Nagari IV Koto, Pulau Punjung, David Iskan kepada HaluN mengatakan, sumber penyebab kebakaran sampai sekaran masih dalam penyelidikan aparat yang berwenang. Namun akibat kebakaran hebat tersebut sebanyak 15 KK yang menjadi korban.

Untuk sementara sampai ada penaganan semua korban dan keluarganya dititipkan ke mesjid dan disiapkan semua kebutuhan makan untuk korban sampai ada bantuan lain.

"Sampai sejauh ini kita belum tau penyebab kebakaran tersebut, namun yang jelas kita evakuasi saja dulu 15 KK yang menjadi korban kebakaran ini," ungkapnya.

Menurut David, kerugian materil akibat kebakaran ini di taksir mencapai ratusan juta rupiah, meski tidak ada korban jiwa tapi menurutnya ada beberapa orang ibu-ibu yang sempat pingsan karena histeris rumahnya terbakar. 

Sekretaris Satpol PP dan Damkar saat ditemui di lokasi, Khairul menyebutkan untuk memadamkan Api pihaknya menerjunkan 5 unit mobil pemadam kebakaran milik pemerintah daerah. Api baru berhasil dijinakkan sekitar waktu 2.5 jam.


Untuk penyebab kebakaran pihaknya belum bisa memastikan, karena masih dalam penyelidikan. Dalam insiden ini menurutnya tidak ada korban jiwa maupu luka-luka.

Mendapat informasi ada kebakaran di wilayahnya, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Wakil Bupati langsung mendatangi TKP guna meninjau langsung korban kebakaran.

Kata Bupati didampingi Wabup, menghimbau keseluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan musibah kebakaran ini, terutama terhadap ibu rumah tangga supaya memastikan api kompor mati setelah memasak untuk di tinggal. (h/mg/bdr).

 

Efitor: Rivo Septi Andries

(h/rvo).

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]