MTQ NAGARI KOTO PANJANG

Tumbuhkan Semangat Membaca Alquran


Ahad, 30 Juli 2017 - 23:34:39 WIB
Tumbuhkan Semangat Membaca Alquran Walinagari Koto Panjang Yunarson Sutan Bandaro menyerahkan Tropy Juara Umum MTQ Nagari Koto Panjang II yang diboyong kafilah TPA Nurul Haq Kampung Pisang. IST

AGAM, HALUAN-Nagari Koto Panjang dengan luas sekira   13,46 Km2 terdiri dari Jorong Sungai Jariang, Kampung Pisang dan Jorong Pahambek. Nagari yang berbatasan langsung dengan Kota Bukittinggi ini,  tetap setia mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dengan berbagai ikhtiar dan terobosan yang dilakukan Walinagari Drs Yunason St Bandaro bersama para perangkat nagari dan dukungan masyarakatnya.

Salah satu terobosan dalam menarik minat anak-anak dan remaja nagari  supaya gemar mengaji,mempelajari dan mencintai Alquran adalah dengan menghelat Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ)   Nagari Koto Panjang. Tuan Rumah penyelenggaranya digilir pada setiap jorong. "Tahun ini MTQ Nagari Koto Panjang dituanrumahi oleh  Jorong Sungai Jariang. Ini merupakan alek nagari MTQ ke II,  setelah yang pertama dilaksanakan di Jorong Kampung Pisang," jelas Walinagari Yunarson kepada haluan Haluan beberapa waktu lalu.

 

Untuk menumbuhkan minat anak anak Nagari agar rajin mentadaburi dan menghafal  Alqur'an, kata Yunarson, diperlukan kemasan yang menumbuhkan daya tarik, seperti dengan melaksanakan MTQ Nagari  yang diikuti  semua TPA dan MDA di seluruh Jorong. "Dengan MTQ yang terjadwal setiap tahunnya,  anak-anak nagari akan lebih bersemangat lagi untuk belajar di TPA/MDA. Begitu pula  dengan  para  guru TPA/MDA, memeka juga akan  merasa tertantang dan mengaar lebih bersemangat lagi," jelasnya.

Tidak hanya itu,  untuk menarik minat para orang tua agar lebih bersemangat lagi membaca  Alquran di hari tua,  dalam MTQ Nagari Koto Panjang mulai tahun ini juga dilombakan  MTQ cabang Manula (Manusia usia lanjut).  

Menurtut Walinagari, pembangunan  di Nagari Koto Panjang dengan  dukungan ADD maupun ADN, selama ini memang masih memprioritaskan infrastruktur sesuai kebutuhan mendasar di setiap Jorong. Namun demikian, pembangunan mental spritual dan sumber daya manusia,  tetap menjadi perhatian  serius segenap perangkat nagari. Keseriusan itu telah  diwujudkan dengan  memasukan kegiatan MTQ Nagari Koto Panjang dalam Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari Koto Panjang yang didukung dengan anggaran Dana Desa setiap tahunnya. (h/dn/*)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]