Haid Anda Tidak Teratur, Hati-Hati Penyekit TB


Senin, 31 Juli 2017 - 19:38:26 WIB
Haid Anda Tidak Teratur, Hati-Hati Penyekit TB Ilustasi.NET

 

Oleh: Mutiara Rendi (Mahasiswi STIKes Fort De Kock Bukittinggi, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat)

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Apakah Anda mengalami haid tidak teratur? Jika ya, mungkin Andamengalami Tuberkolosis(TB) genital. Hal tersebut disampaikan dokter kandungan dan ginekolog di rumah sakit Hiranandani Fortis, Bandita Sinha.

“Sekitar 60-70 persen perempuan menjadi korban Tuberkulosis genital yang sebagian besar menyebabkan infertilitas," katanya, seperti dikutip Zeenews.

TB genital adalah kondisi ketika kuman TB yang ada di paru-paru telah menyebar ke bagian organ genital. Ia mengatakan, setiap wanita dengan ketidakteraturan menstruasi, kurangnya perdarahan, serta infeksi pada serviks kemungkinan menderita TB genital.

"Di antara orang-orang dengan TB genital, 55 persen mempengaruhi Tuba Fallopi (Tabung Fallopi), 40 persen menginfeksi endometrium atau lapisan rahim, 10 persen mempengaruhi indung telur, lima persen mempengaruhi leher rahim. Hanya mereka yang didiagnosis dengan cepat dan diberikan pengobatan yang tepat waktu, rahim berhasil sembuh dengan baik," katanya.

Seorang ginekolog senior rumah sakit Zen, Gauri Gore, mengatakan, wanita dengan masalah ini sebenarnya masih bisa disembuhkan. Tetapi jika tuba falopi sudah rusak, maka mereka akan kesulitan hamil, kecuali memilih untuk IVF (bayi tabung). Jika lapisan rahim rusak secara permanen, maka mereka dapat memilih untuk operasi.

"Diagnosis dan pengobatan tuberkolosis tepat waktu dapat mengontrol efek berbahaya dari penyakit ini," ujarnya.

Infeksi TB genital bermula dari penyakit tuberkulosis pada umumnya. Penderita TB terinfeksi kuman TB yang ada di udara, masuk ke saluran pernapasan dan mulai berkembang. Kuman TB lebih mungkin menyebar dan menginfeksi organ lainnya jika penyakit ini tidak ditangani, dan daya tahan tubuh penderita sedang menurun. Ini terjadi terutama pada penderita HIV/AIDS yang juga mengalami TB. Orang sehat yang tidak memiliki riwayat penyakit TB juga dapat mengalami TB genital melalui kontak seksual dengan penderita TB.

Pada perempuan, infeksi TB genital dapat bermula pada tabung falopi yang merupakan organ penting dalam proses menstruasi, dan dapat menyebar ke ovarium dan rahim. Obstruksi pada organ tersebut kemungkinan tidak akan sembuh.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]