Mengenal Malaria, Penyakit yang Mamatikan


Senin, 31 Juli 2017 - 20:41:08 WIB
Mengenal Malaria, Penyakit yang Mamatikan Ilustasi.NET

Oleh: Deva Ayu Dinda (Mahasiswi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Stikes Fort de Kock Bukittinggi)

 

HARIANHALUAN.COM--Malaria adalah penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Infeksi malaria bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk.

Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Malaria jarang sekali menular secara langsung dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit ini bisa menular jika terjadi kontak langsung dengan darah penderita.

Janin di dalam kandungan juga bisa terinfeksi malaria karena tertular dari darah sang ibu.

Penderita Malaria di Indonesia

Indonesia bersamanegara-negara lain di  seluruh dunia bergabung dalam sebuah komitmen global yakni Millenium Development Goals (MDGs) untuk memberantas sejumlah penyakit, salah satunya malaria.

Angka kejadian malaria pada suatu wilayah ditentukan dengan Annual Parasite Incidence (API) per tahun.API sendiri merupakan jumlah kasus positif malaria per 1.000 penduduk setiap tahunnya.

Program MDGs initerus menunjukkan keberhasilan, yang ditunjukkan dengan API malaria di Indonesia yang terus mengalami penurunan sejak 2011 hingga 2015. Pada tahun 2011, terdapat1.75 kasus malaria per 1.000 penduduk, sedangkan pada tahun 2015, angka menurun menjadi 0.85 kasus malaria per 1.000 penduduk.

Meskipuntelah mengalami penurunan yang cukup signifikan, Indonesia masih belum bebas dari malaria, terutama di Indonesia bagianTimur. Wilayah seperti Papua, NTT, Maluku, dan Bengkulu merupakan penyumbang terbanyak angka kejadian malaria di Indonesia.

Gejala Malaria

Gejala malaria biasanyaakanmunculantarasatusampaiduaminggusetelahtubuhterinfeksi. Gejalajugabisamunculsetahunsetelahgigitannyamuk, namunkasusinijarangterjadi.Gejala-gejala malaria umumnyaterdiridaridemam, berkeringat, menggigilataukedinginan, muntah-muntah, sakitkepala, diare, dannyeriotot.

JikaAndasudahterlanjurmengalamigejala-gejala malaria, segeratemuidokter agar bisadilakukan diagnosis danpenanganansecepatnya.Malaria dapatdidiagnosisdenganmudahmelaluitesdarah yang sederhana.

ParasitPenyebab Malaria

Malaria disebabkanolehparasitPlasmodium.SebetulnyaadabanyakjenisparasitPlasmodium, tapihanyalimajenis yang menyebabkan malaria padamanusia. ParasitPlasmodiumhanyadisebarkanolehnyamukAnophelesbetina.Duajenisparasit yang umum di Indonesia adalahPlasmodium falciparum danPlasmodium vivax.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]