Mengenal Malaria, Penyakit yang Mamatikan


Senin, 31 Juli 2017 - 20:41:08 WIB
Mengenal Malaria, Penyakit yang Mamatikan Ilustasi.NET

Gigitannyamuk malaria lebihseringterjadipadamalamhari.Setelahterjadinyagigitan, parasitakanmasukkedalamalirandarah.

Penyebaranpenyakit malaria jugabisaterjadimelaluitransfusidarahataumelaluipemakaianjarumsuntiksecarabergantian.Meskikasusinijarangsekaliterjadi, Andatetapharusberhati-hati.

Pengobatan Malaria

Penderita malaria bisasembuh total jikadiobatidandirawatdenganbenar. Berbagaijenisobat-obatanantimalariadipakaiuntukmengobatisekaligusmencegahpenularan malaria.

Obat-obatan yang diberikantergantungpadabeberapahal, yaitutingkatkeparahangejala-gejalanya, jenisparasit yang menjadipenyebabnya, lokasipenularan malaria, sertakondisipasien.Jikapasiensedanghamil, pengobatannyaakandibedakandenganpenderita yang sedangtidakhamil.

Komplikasi Malaria

Penyakit malaria akanmemilikidampaklebihburukjikaterjadipadawanitahamil, bayi, anakkecil, dan orang tua. Malaria berpotensimembuatketahanantubuhmenurunsecaradrastisdalamwaktu yang singkat.Karenaitu, penanganannyaperludilakukandengancepat.

Jika malaria tidaksegeraditanganisejakawal, penyakitinibisamenimbulkanbeberapakomplikasisepertidehidrasi,anemia parah, gagalnya organ tubuh, danbeberapakondisilainnya.

Pencegahan Malaria

Padadasarnya, malaria bisadihindari.Untukmencegahpenularan malaria, pemerintah Indonesia telahmenjalankanberbagai program, misalnyatesdarahmassaldanmemberikanobatantimalariasecara gratis di daerahendemik malaria seperti di wilayahperdesaan di Papua dan Nusa Tenggara.

Menghindaridiridarigigitannyamukadalahcara yang paling pentinguntukmencegahpenularan malaria. Andabisamemakaikelambuuntukmenutupiranjangsaattidur, menyingkirkangenangan air di sekitarrumah, memakailosion anti serangga, danmenggunakanpakaianatauselimut yang menutupikulittubuh.

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 September 2017 - 19:35:17 WIB

    Ajak Masyarakat Mengenal Obat, Bupati Pasbar Canangkan Gema Cermat

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran mencanangkan Gerakan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat ( Gema Cermat) di gedung Balerong Tuah Basamo Simpang Empat Pasaman Barat, Kamis (14/9)..
  • Selasa, 01 Agustus 2017 - 21:11:33 WIB

    Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

    Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Menyerang Paru-Paru Anda pernah pernah mendengar panyakit pneumonia? Mungkin sebagian belum banyak tahu. Berikut pengeetian apa itu pneumonia, gejala dan pengbatannya..
  • Kamis, 27 Juli 2017 - 14:14:29 WIB

    Mengenal Hepatitis, Penyakit yang Menyerang Hati Manusia

    Mengenal Hepatitis, Penyakit yang Menyerang Hati Manusia Kita semua ingin bebas melakukan aktivitas yg patut tanpa ada sesuatupun yg dapat menghalangi kita untuk mengekspresikan bakat kita masing-masing bukan? Namun, sayang sekali beberapa dari antara kita ada yang terbatasi oleh g.
  • Kamis, 27 Juli 2017 - 13:58:57 WIB

    Mengenal Tetanus, Penyakit yang Menyerang Syaraf dan Otot

    Mengenal Tetanus, Penyakit yang Menyerang Syaraf dan Otot Penyakit Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menghasilkan racun neurotoxin yang menyerang saraf sehingga dapat membuat kontraksi otot yang menyakitkan terutama otot rahang dan leher serta dapa.
  • Rabu, 26 Juli 2017 - 21:23:04 WIB

    Mengenal Kusta, Penyakit Kulit yang Populer di Indonesia

    Mengenal Kusta, Penyakit Kulit yang Populer di Indonesia Kusta termasuk salah satu penyakit tertua di dunia. Kata kusta berasal dari bahasa India 'kustha', yang dikenal 1400 sebelum masehi sebagai penyakit menular tidak fatal yang mengenai kulit, sistem saraf tepi, saluran pernapas.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]