Kebutuhan Garam Kota Padang 3.000 Ton Pertahun


Selasa, 01 Agustus 2017 - 11:40:23 WIB
Kebutuhan Garam Kota Padang 3.000 Ton Pertahun Ilustrasi garam/Foto Alodokter.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kebutuhan garam di Kota Padang setahunnya mencapai 3.000 ton. Meskipun saat ini harga garam mengalami peningkatan yang signifikan, tetapi stok masih mencukupi.

“Stok yang ada masih mencukupi dengan kebutuhan. Meskipun stok yang tersedia tidak terlalu banyak,”ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal saat ditemui Haluan, Senin (31/7).

Dikatakan Endrizal, satu orang membutuhkan garam lebih kurang sebanyak 3 kilogram pertahun. Sedangkan, saat ini jumlah penduduk sudah mencapai satu juta, tentunya membutuhkan sekitar tiga juta kilogram garam pertahun atau 3.000 ton.

“Sebulannya kita butuh lebih kurang 250 ton garam, atau lebih kurang 900 kg perhari,”ujarnya.

Disebutkan Endrizal, kenaikan harga garam terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia. Sebab, penghasil garam di daerah Surabaya dan Madura sedang mengalami kekurangan produksi.

“Kenaikan harga garam terjadi sudah secara nasional dan hal tersebut merupakan tanggungjawab pemerintah pusat bagaimana supaya bisa lancar kembali. Namun, saat ini kita sudah koordinasikan juga dengan Badan Urusan Logistik (Bulog), sehingga stok yang ada saat ini bisa mencukupi,”ujarnya .

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Kota Padang adalah pemakai garam, sebab dikota ini tidak ada diproduksi garam. Disebutkan Mahyeldi, kemarin sewaktu pertemuan tim pengendalian inflasi daerah dan nasional di Jakarta ada arahan presiden untuk mengatasi persoalan kenaikan harga garam ini.

“Ada arahan dari presiden mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan oleh menteri kelautan dan menteri perdagangan dalam mengatasi kenaikan harga garam dan juga kelangkaan,’ujarnya kepada Haluan.

Disebutkan Mahyeldi, tentunya pemerintah daerah juga akan mencoba mencarikan jalan keluar. Ia mengatakan, perlu dilakukan langkah strategis dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan garam secara nasional.

“Kita negara yang mempunyai laut yang luas, tetapi masih terjadi kesulitan produksi garam sehingga harga garam mahal. Tentunya ini menjadi pertanyaan bagi semua orang,”ujar Mahyeldi.

Selain itu, Wako menyebut Kota Padang juga mempunyai potensi yang besar untuk menjadi daerah penghasil garam. Selain mempunyai laut yang cukup luas, di Kota Padang juga terdapat banyak perguruan tinggi, orang-orang yang ahli dalam bidang kelautan, dan yang mengerti tentang pegolahan garam juga banyak.

“Jika Kota Padang diberikan kewenangan maka kita akan siap. Sebab kita jelas mempunyai potensi tersebut dengan memiliki pantai lebih kurang seluas 84 kilometer. Tinggal mensinergikan potensi tersebut,”ucapnya.

Mahyeldi menyebut untuk dapat menjadi daerah penghasil garam tentunya menunggu arahan dari pusat terlebih dahulu. Namun demikian, akan dilakukan diskusi dan upaya yang akan dilakukan Pemerintah Kota Padang.

“Mudah-mudahan kedepan dengan potensi yang besar dapat dimaksimalkan untuk bisa memproduksi. Ini yang akan kita bicarakan, dan diskusikan sehingga bisa merealisasikannya,”katanya. (h/mg-mel)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 10:22:59 WIB

    Jaringan XL Axiata Siap Layani Kebutuhan Lebaran

    Jaringan XL Axiata Siap Layani Kebutuhan Lebaran HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan dan masyarakat selama Lebaran 2020. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Direktur Informasi, Yessie .
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 23:20:03 WIB

    Pemprov Sumbar Siap Penuhi Kebutuhan Beras Masyarakat

    Pemprov Sumbar Siap Penuhi Kebutuhan Beras Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar berencana memenuhi kekurangan stok beras yang ada di Bulog Sumbar. Setelah itu, stok yang tersedia saat ini dibagikan kepada masyarakat tidak mampu melalui Dinas Pangan yang bekerja .
  • Sabtu, 04 Januari 2020 - 15:13:56 WIB

    Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Merangsek Naik

    Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Merangsek Naik PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok seperti cabai merah, minyak goreng dan gula pasir mengalami kenaikan dari harga biasa..
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 21:13:05 WIB

    Pertamina Penuhi Kebutuhan 1,5 Juta Liter Premium Sehari di Sumbar

    Pertamina Penuhi  Kebutuhan 1,5 Juta Liter Premium Sehari di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di Sumbar dalam sehari mencapai 1,5 juta liter. Sedangkan, untuk pertalite sebanyak 900 ribu liter dan pertamax sebanyak 200 ribu liter..
  • Kamis, 16 Mei 2019 - 23:57:55 WIB

    Antisipasi Kenaikkan Inflasi, BI Imbau Masyarakat Belanja Sesuai Kebutuhan

    Antisipasi Kenaikkan Inflasi, BI Imbau Masyarakat Belanja Sesuai Kebutuhan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kepala Bank Indonesia Sumatera Barat (Sumbar) Wahyu Purnama A mengimbau supaya masyarakat bisa berbelanja sesuai kebutuhan. Karena, jika berbelanja di luar kebutuhan maka akan memicu kenaikkan inf.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]