Pasaman Teken MoU dengan BPJS Kesehatan, Per 1 Januari 2019 Seluruh Masyarakat Terdaftar JKN


Selasa, 01 Agustus 2017 - 15:37:59 WIB
Pasaman Teken MoU dengan BPJS Kesehatan, Per 1 Januari 2019 Seluruh Masyarakat Terdaftar JKN Bupati Yusuf Lubis serahkan cindera mata kepada Kacab BPJS Kesehatan Bukittinggi, MB Sjahjadi

Untuk itu, bupati meminta pihak terkait segera melakukan pendataan dan validasi kepesertaan JKN KIS, khususnya segmen peserta penerima bantuan iuran (PBI) APBD dan APBN. 

"Semua kepala OPD dan pihak terkait lainnya harus mensukseskan program ini. Seluruh masyarakat Pasaman, harus tercover program JKN KIS, karena mereka berhak untuk itu," katanya.

Ia menyebutkan, dari 322.480 jiwa penduduk Pasaman, sebanyak 236.805 jiwa sudah terdaftar dalam kepesertaan JKN KIS. Sisanya, kata dia, masih ada 26,57 persen atau 86.263 jiwa belum terdaftar," katanya. 

Kepala Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman, Syafruddin mengatakan, 31 Desember 2018 nanti, pendataan warga untuk dicover JKN KIS sudah rampung. Karena, per 1 Januari 2019 seluruh masyarakat harus dijamin kesehatannya oleh pemerintah.

"236.805 jiwa penduduk sudah terdaftar. Tinggal sisanya, 26 persen atau 86.263 jiwa penduduk yang belum terdaftar. Ini nanti yang akan diintegrasikan ke dalam program JKN KIS," katanya. 

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, MB Sjahjadi mengatakan, adanya MoU itu diharapkan Kabupaten Pasaman, menjadi kabupaten percontohan, Pemda yang peduli dan perhatian terhadap jaminan kesehatan seluruh penduduknya (Universal Coverage).

"Ini amanat Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. BPJS, ditugasi untuk menyelenggarakan tugas mulia ini," katanya. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Merry Yuliesday Mars mengapresiasi langkah Pemkab Pasaman mendukung program BPJS Kesehatan dalam usaha pencapaian universal health coverage bagi seluruh penduduknya. 

"Pemerintah provinsi mengapresiasi dilakukannya penandatanganan MoU UHC antara Pemkab-BPJS Kesehatan. Beruntung masyarakat Pasaman, memiliki bupati, wakil bupati yang peduli akan kesehatan warganya," tukasnya. (h/yud)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]